Welcome to My Blog - No Days Without Writing

Archive for November 2012

FUN WITH CHEMISTRY
PERCOBAAN PENENTUAN ORDE REAKS
KLS 11 IPA - SMT 1


Asyiknya belajar kimia

JUDUL :  PENENTUAN ORDE REAKSI

Kompetensi Dasar: 
Menganalisis data percobaan untuk menentukan laju dan orde reaksi

Indikator: 
Menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan.

TUJUAN:  
Menentukan orde reaksi dari reaksi:   
Mg(s) + 2 CH3COOH (aq) --> Mg(CH3COO)2 (aq) + H2 (g)

DASAR TEORI:
Hukum laju reaksi dari suatu reaksi reaktan  
A --> Produk, dengan orde n dapat dinyatakan sebagai :
- dA = k.An
                                          dt
Dengan demikian laju reaksi sebanding dengan konsentrasi pangkat n.
Laju reaksi  (waktu reaksi )-1  (konsentrasi )n

Catatan :         
Waktu reaksi yang dimaksud di sini adalah waktu yang dibutuhkan supaya reaksi berjalan sampai tahap tertentu atau sampai selesai.

Jadi untuk reaksi orde 1 (n=1), alur kebalikan waktu terhadap konsentrasi menghasilkan garis lurus, sedangkan untuk reaksi orde 2, alur kebalikan waktu terhadap kuadrat dari konsentrasi yang merupakan garis lurus. Untuk menentukan orde reaksi dari reaksi :
Mg(s) + 2 CH3COOH (aq) --> Mg(CH3COO)2 (aq) + H2 (g)

Orde reaksi ditentukan dengan mengukur waktu pelarutan total dari sepotong pita Mg dengan panjang tertentu dalam larutan cuka yang konsentrasinya telah diketahui.  Jika jumlah cuka yang digunakan sangat berlebih, maka selama reaksi berjalan, konsentrasi cuka tidak berubah. Akibatnya, kecepatan pelarutan Mg untuk konsentrasi asam yang sama akan tetap.  Sebaliknya, jika konsentrasi cuka bervariasi, maka pelarutan Mg yang beratnya tetap akan bergantung pada konsentrasi asam yang digunakan.

METODOLOGI PERCOBAAN
ALAT DAN BAHAN
a.Labu erlenmeyer 250 mL (botol kaca bening bekas obat/selai)  (4 buah)
b. Gelas ukur 50 mL (1 buah)
c.Stop watch (timer HP)  (1 buah                                                           
d.Asam cuka botol 25% (1 botol)                       
e.Pita Mg (secukupnya)                                                                                        
f. Kertas amplas 5 x 5 cm                                                                                             
g. Kertas milimeter grafik (2 lbr)                                                    
h. gunting, tissue, lap, label

METODE
a.Gosok pita Mg dengan kertas amplas hingga mengkilat, kemudian potong menjadi 4 bagian (@ 1 cm)
 b. Masukkan CH3COOH botol 1 (25 ml) dalam labu erlenmeyer, kemudian masukan 1 pita Mg (1 cm) ke dalam gelas tersebut dan segera tekan stop watch sebagai tanda reaksi dimulai.
c. Goyangkan gelas sesekali supaya Mg tetap dalam keadaan bergerak.
d. Setelah seluruh Mg larut, hentikan stop watch dan catat waktu pelarutan Mg.
e. Ulangi tahap b-d untuk konsentrasi CH3COOH berikutnya.

TABEL DATA PENGAMATAN:  Buat tabel sbb:
No
Konsentrasi CH3COOH  (..) %
(CH3COOH)2
Waktu pelarutan Mg (..) det
Laju reaksi
Vreaksi ~ 1/detik
1
Botol 1= 25%



2
Botol 2= 12,5%



3
Botol 3=   6,25%



4
Botol 4= 31,125%




KESIMPULAN:  Tulis kesimpulan hasil percobaan Anda.

PERTANYAAN
1.Mengapa pita Mg harus digosok dulu dengan kertas amplas sebelum dipakai dalam percobaan ?
2.Bagaimana hubungan antara laju reaksi dengan konsentrasi asam? Jelaskan.
3. Buat grafik laju reaksi terhadap konsentrasi HCl (dengan kertas milimeter)
Buat grafik laju reaksi terhadap kuadrat konsentrasi HCl (Vreaksi  ~ [HCl]2(dengan kertas milimeter)
4. Tentukan orde reaksi:                       
a. Dari grafik (gunakan slope)
b. Dari reaksi

5.Jika massa jenis asam cuka (asam asetat) botol 25% adalah 1,0263 g/cm3 dan Mr asam cuka 60 g/mol.  Data massa jenis ini diambil dari internet yaitu data density asam asetat 20% maka hitunglah: 

a.Asam cuka 25% (b/b)        = ........M
Asam cuka 12,5% (b/b)     = ........M
Asam cuka   6,25% (b/b)   = ........M
Asam cuka 31,125% (b/b)             = ........M

b.Berapa ml dipipet dari cuka botol 25% untuk membuat larutan asam asetat 12,5% sebanyak 250 ml?
Berapa ml dipipet dari cuka botol 12,5% untuk membuat larutan asam asetat 6,25% sebanyak 250 ml?
Berapa ml dipipet dari cuka botol 62,5% untuk membuat larutan asam asetat 31,125 % sebanyak 250 ml?
FUN WITH CHEMISTRY
PERCOBAAN MATERI:  KALOR NETRALISASI
KELAS 11 IPA SMT 1

              Stirofoam sebagai kalorimeter sederhana        


Asyiknya belajar kimia


ENTALPI  NETRALISASI

TUJUAN:
Menghitung entalpi reaksi pelarutan dan entalpi netralisasi menggunakan kalorimeter sederhana.

DASAR TEORI:

Entalpi netralisasi adalah kalor yang dilepaskan ketika 1 mol air dibentuk dari asam dan basa:
NaOH(aq) + CH3COOH (aq)--> CH3COONa(aq)+ H2O(aq)                                                               ∆Hn =  -  x  kJ/mol

ALAT DAN BAHAN:
Termometer
Wadah stirofoam
Gelas ukur
Air suling
Larutan NaOH 1 M dan CH3COOH 1 M

CARA KERJA:
  1. Masukkan 50 ml CH3COOH 1 M ke dalam wadah stirofoam dan ukur suhunya, catat.
  2. Masukkan 50 ml NaOH 1 M ke dalam gelas ukur dan ukur suhu awalnya, catat.
  3. Campurkan NaOH ke dalam wadah stirofoam dan catat suhu campuran.
  4. Segera tutup wadah tsb lalu goyang-goyangkan dan ukur suhunya, catat. (termometer jangan diangkat tetapi tetap di dalam wadah stirofoam!!).

DATA HASIL PERCOBAAN

Suhu awal CH3COOH 1 M                                =……………………………. o C
Suhu awal NaOH 1 M                                        =……………………………. o C
Suhu awal rata-rata                                           =……………………………. o C
Suhu campuran                                                  =……………………………. o C
Massa jenis larutan dianggap sama dengan air dan c larutan = 4,2  J/g o C

PERTANYAAN

Reaksi netralisasi yang terjadi yaitu:
…………………………………………………………………………………………………………………………
Pada percobaan tsb nilai Δ H reaksi netralisasi dapat dihitung sbb:
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Pada percobaan tsb terjadi..............................suhu dari suhu.............o C menjadi............o C.  Jadi reaksi netralisasi di atas adalah jenis reaksi yg.............................kalor yaitu reaksi....................................

KESIMPULAN  
Cari Sesuatu Di Blog Ini

GAGAS KIMIA 3

GAGAS KIMIA 3
COMINg SOON

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019
GAGAS KIMIA HOTS: Kumpulan soal dan pembahasan 2019

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)
GAGAS KIMIA SERIES: NEW LAUNCHING 2018

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI DAN USAHA

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI  DAN USAHA
UNIV. of CARNEGIE MELLON USA

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:
BERNAS KIMIA HOTS NEW PUBLISHED: Kumpulan soal HOTS ver LDS (2018)

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT
Nice class: 2018 12 IPA 3; Selamat berlayar menjemput cita-cita Anda

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir
BERNAS KIMIA HOTS: KUMPULAN SOAL dan PEMBAHASAN

Meneliti itu seru: Mangrove untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru:  Mangrove untuk kesejahteraan
My Son: Jo & Joko: MEDALI PERUNGGU OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) Malang, Oktober 2017

Berparlemen untuk politik yang merakyat

Berparlemen untuk politik yang merakyat
My son Jo at PARLEMEN REMAJA Tkt Nasional, Jakarta, September 2017

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan
My son: Jo & Joko: JUARA 3 NASIONAL Penelitian Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta April 2017

NEW RELEASED: SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED:  SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI
SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA
KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)
NEW RELEASED: BEST PRACTICE for TEACHERS, HEADMASTERS, & SUPERVISORS (2017)

THE BEST CLASS

THE BEST CLASS
KELAS 11 IPA 1 TH AJARAN 2016-2017

BUKU HAMINJON KEMENYAN

BUKU HAMINJON KEMENYAN
Produk Literasi Sains berbasis Karakter (hub 085383403600)

BUKU BEST PRACTICE GURU

BUKU BEST PRACTICE GURU
Produk Literasi Guru 2016 (Hub 085383403600)

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa
Produk literasi 12 IPA SMA XAV 1 (Hub 085383403600)

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3
My dedication & creation

KEDUBES RI DI SEOUL

KEDUBES RI DI SEOUL
Benchmark education at Seoul, May 2015

SEOUL TECH HIGH SCHOOL

SEOUL TECH HIGH SCHOOL
Benchmark Education at Seoul, May 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY  2015
Sakai Technology High School Osaka

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015
With Sensei at Sumiyoshi High School Osaka

KEDUBES RI TOKYO MAY 2015

KEDUBES RI  TOKYO MAY 2015
Benchmark Education at Kedubes Tokyo

12 IPA 3-2014/2015

12 IPA 3-2014/2015
12 IPA 3-2014/2015

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI
Thanks my supervisor, Prof DR I Made S

NEVER GIVE UP TO TRY...

NEVER GIVE UP TO TRY...
THE RESEARCH IS BEING FINISHED

Thanks for all Chemists....

Thanks for all Chemists....
Miss you all... OSN GURU 2013 Bandung

Kel Vene: Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014

Kel Vene:  Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014
With students after chem experiment

Sometime with SCOTTISH

Sometime with SCOTTISH
The instrument that I like it...

TE PAPA MUSEUM in WELLY

TE PAPA MUSEUM in WELLY
Te Papa Museum Wellington

UNTUK APA BELAJAR???

UNTUK APA BELAJAR???
FILOSOFI BELAJAR

OSN 2014 di NTB - MONTELLA

OSN 2014 di NTB  - MONTELLA
OSN 2014 di NTB - Montella
X-Steel Pointer

NATIONAL BEST PRACTICE 2013

NATIONAL BEST PRACTICE 2013
BEST PAPER PRESENTER BEST PRACTICE TEACHER, PUNCAK BOGOR NOV 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013
MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA, BANDUNG SEPT 2013

HBA AWARD 2013

HBA AWARD 2013
Penghargaan Tertinggi Insan Pendidik dari Gubernur Jambi dalam HBA Award 2013 di ACC Ratu Hotel 11 Des 2013 - Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 Prop Jambi

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 ETF AWARD - TEACHERS 2011

CASSIAVERA KERINCI

CASSIAVERA KERINCI
Juara 1 Lomba Penulisan Buku Sains Tkt Nasional 2010

DEDICATION

DEDICATION
SPEAKER AT FMIPA UNPAR BANDUNG 2009

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 WRITING CONTEST for TEACHERS 2010 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
WINNER of TORAY 2009 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
SCHOLARSHIP TO AUCKLAND-NZ 2009

with Jambi GOVERNOR

with Jambi GOVERNOR
Juara 1 Guru Berprestasi 2008 Tkt Propinsi Jambi

OSN KIMIA BANDUNG 2013

OSN KIMIA BANDUNG 2013
JOY DERIL LU FINALIS

OSN KIMIA JAKARTA 2012

OSN KIMIA JAKARTA 2012
ALGERI GADESA: FINALIS

OSN KIMIA 2011

OSN KIMIA 2011
PRASETYO WILFANDI: SILVER MEDAL

OSN KIMIA 2010

OSN KIMIA 2010
DEVINA JONATHAN: BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2009

OSN KIMIA 2009
WELSEN & MARTA: SILVER & BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2008

OSN KIMIA 2008
LIANA AMANDA: BRONZE MEDAL

HPN EXHIBITION 2012

HPN  EXHIBITION 2012
Pameran buku Cassiavera Kerinci Primadona Dunia penulis Elizabeth T.S.Si,M.Pd di HPN 27 EXHIBITION Taman Rimba Jambi, 9-14 Feb 2012

12 IPA 2 tahun 2012

12 IPA 2 tahun 2012
12 IPA 2 (Maret 2012)

12 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TH 2010

12 IPA 1 TH 2010

- Copyright © 2017 Catatan Guru Kimia -- Powered by Blogger - -