Welcome to My Blog - No Days Without Writing
Kamis, 14 Agustus 2014

TUGAS KIMIA KLS X IPA 2:
ditulis oleh
Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si,M.Pd

PETUNJUK:
KERJAKAN SOAL BERIKUT PADA BUKU CATATAN ANDA.  PELAJARI DENGAN BAIK AGAR ANDA BENAR-BENAR PAHAM TERHADAP KONSEP DASAR THE BUILDING BLOCK ATAU ATOM DENGAN PARTIKEL-PARTIKELNYA SEBAGAI DASAR DARIS EMUA SIFAT KIMIA DAN REAKSI KIMIA DI SEKITAR KITA.

Salam kimia!
Kimia ada di sekitar kita sebagai suatu FAKTA yang berangkat dari SEBUAH KONSEP SEDERHANA yaitu ELEKTRON dalam ATOM !
Apa yang Anda pikirkan jika Anda mengamati cahaya warna-warni yang dipancarkan oleh kembang api ketika dibakar di udara???

Studi tentang cahaya menghantarkan kita kepada pemahaman perilaku elektron yang digambarkan dalam teori atom modern atau model atom mekanika gelombang, sebagai pengembangan model atom Niels Bohr.

Perjalanan pemikiran para ahli yang begitu panjang berakhir pada pengemalan keberadaan yang paling mungkin (probability) dari elektron adalah pada orbital yang digambarkan dalam posisi koordinat 3 dimensi sebagai fungsi gelombang dan partikel. 

Terkait cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan dari kembalinya posisi eksitasi elektron menuju keadaan ground state, cahaya yang dipancarkan ini mempunyai frekuensi dan panjang gelombang tertentu sehingga menghasilkan energi tertentu pula. 

BAGIAN A
Berbagai produk berupa senyawa kimia yang dapat mencegah kulit dari radiasi sinar UV-A (400 – 320 nm) dan UV-B (320 – 280 nm) adalah sunscreens yang diberi label sun protector  factor (SPF) yaitu zat kimia yang dapat membuat kulit lebih tahan terpapar sinar matahari tanpa terbakar.
      (1)  Hitung energi 1 mol foton dari cahaya UV-B dengan panjang gelombang 310 nm   .
      (2)  Mana yang energi per fotonnya lebih besar: UV-B pada 310 nm atau radiasi   
        microwave yang mempunyai frekuensi  2,45 GHz (1 GHz = 109 s1,  1 nm = 10 -9  m)?
(3)  Hitung energi dalam J/foton suatu radiasi dengan frekuensi 3,10 x 1015 det-1!
       (4)  Berapa frekuensi radiasi yang terukur memiliki energi 3,54 x 10-20 J/foton!
       (5)  Suatu energi sebesar 185 kJ/mol memiliki panjang gelombang sebesar?
       (6)   Cahaya yang diemisi oleh atom dari unsur Na element mempunyai  λ= 589 nm.  Hitung 
               frekuensi dan energi radiasinya (1 nm = 10 -9 m.
       (7)   Suatu A CD player memancarkan cahaya merah pada  λ 685 nm.  Hitung energi 1 mol                 foton dari cahaya itu. ( Avogadro = 6,022. 10  23 partikel/mol)
       (8) Berapa panjang gelombang yang dihasilkan dari elektron dengan massa m =

 9.109 × 1028 g yang merambat sebesar 40% kecepatan cahaya?

PERSAMAAN BALMER DAN RYDBERG
Dengan sedikit pengetahuan matematika yang mengagumkan, pada 1885 Balmer memberikan rumus sederhana untuk memperkirakan panjang gelombang dari beberapa garis yang sekarang kita kenal dengan deret Balmer.

Tiga tahun berikutnya, Rydberg membuat rumus yang lebih umum sehingga dapat diterapkan untuk memperkirakan panjang gelombang beberapa garis pada spektrum emisi hidrogen.

        Berdasarkan  λ  dari 3 spektrum garis atom H yaitu 364 nm (violet), 434 nm (biru), and 656 nm (merah), maka korelasi λ dengan  spectrum ditampilkan dalam persamaan matematika berikut =
         1 =  R (1   –   1)
               λ          n12     n22
R = 1,097 x 10 7 m -1
n= quantum number  à n1< n2
        n1              =1          à Lyman         series= UV
        n1           = 2         à Balmer         series= Visible (mejikuhibiniu)
         n1             = 3         àPaschen series= sinar IR     
         n1             = 4         àBracket series= sinar IR
         n1             = 5         àPfund series= sinar IR
        Menurut Rydberg: 
               n1 = 1 à ground state (dasar)
               excited à higher energyà higher freqà lower λ

Keterangan angka (n) pada persamaan Ridberg
n1 dan n2 pada persamaan Rydberg merupakan tingkat energi sederhana pada setiap lompatan yang menghasilkan garis yang khas pada spektrum.

Sebagai contoh, pada deret Lyman, n1 selalu 1. Elektron yang turun ke tingkat 1 menghasilkan garis pada deret Lyman. Untuk deret Balmer, n1 selalu 2, karena elektron turun ke tingkat-2.

n2 merupakan tingkat asal lompatan. Kita telah menyebutkan bahwa garis merah merupakan hasil dari turunnya elektron dari tingkat-3 ke tingkat-2. Pada contoh ini, n2 sama dengan 3.

Arti Tak Hingga
Tingkat tak hingga menunjukkan energi tertinggi yang mungkin dari suatu elektron atom hidrogen. Jadi, apa yang terjadi jika elektron melampaui energi itu?
Elektron bukan lagi bagian dari atom. Tingkat tak hingga menunjukkan titik dimana ionisasi atom terjadi untuk membentuk ion bermuatan positif.

Kerjakan ini:
(9)  Hitung panjang gelombang cahaya yang diserap oleh atom Hidrogen untuk eksitasi 1 elektron dari  n=2 ke n=3. 
(10)  Spektrum cahaya hijau dari atom  hydrogen ditampilkan dari transisi elektron groundstate di kulit ke-4. Menuju kulit ke 2 .  Hitung panjang gelombang hijau yang dipancarkan. 

BAGIAN B.
BILANGAN KUANTUM
Bilangan kuantum menggambarkan alamat yang paling mungkin dari suatu lokasi elektron sebagai titik koordinat fungsi gelombang.

1)              Jika  n = 4, nilai ℓ yang paling mungkin adalah?
2)              Jika  ℓ =2, berapa nilai m yang paling mungkin?
3)              Orbital 4s , berapa nilai bilangan kuantum n, l, m yang paling mungkin?
4)              Orbital  4f , berapa nilai bilangan kuantum n, l, m yang paling mungkin?

5)              Jika  n = 4, ℓ = 2, dan  m = −1, tipe orbital apakah elektron tersebut berada?
6)              Berapa banyak orbital yang dimiliki elektron dengan bilangan kuantum n = 5?
7)              Subkulit apa saja yang dimiliki oleh elektron dengan bilangan kuantum n = 5?

8)              Tulis ke-4 bilangan kuantum (n, l, m, dan s) dari elektron yang menempati orbital berikut:
(a)   3 p2            (b)  4d8                                 (c)  5s2                              (d)  4f9


9)              Jelaskan mengapa elektron tidak mungkin  berada dalam atom yang memiliki deretan bilangan kuantum seperti berikut ini?
(a) n = 2, ℓ = 2, mℓ = 0
(b) n = 3, ℓ = 0, mℓ = −2
(c) n = 6, ℓ = 0, mℓ = 1

10)  Berapa banyak orbital yang dimiliki orbital f ?

BAGIAN C
(1)  Jelaskan mengapa orbital  p berbentuk nodal plane dan gambarkan orbital px, py, pz, pada posisi koordinat ruang dengan mengambil tiitk koordinat ebbas. Perbedaan ke-3 orbital tersebut bagaimana?
(2)  Jelaskan pengaruh keberadaan elektron pada orbital d (perpendicular) terhadap bentuk orbital yang " crowded".


Selamat mengerjakan, belajar bukan bertujuan untuk memperoleh nilai semata namun menjalani proses yang membawa Anda menjadi manusia sesungguhnya (filosofi belajar).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Cari Sesuatu Di Blog Ini

GAGAS KIMIA 3

GAGAS KIMIA 3
COMINg SOON

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019
GAGAS KIMIA HOTS: Kumpulan soal dan pembahasan 2019

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)
GAGAS KIMIA SERIES: NEW LAUNCHING 2018

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI DAN USAHA

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI  DAN USAHA
UNIV. of CARNEGIE MELLON USA

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:
BERNAS KIMIA HOTS NEW PUBLISHED: Kumpulan soal HOTS ver LDS (2018)

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT
Nice class: 2018 12 IPA 3; Selamat berlayar menjemput cita-cita Anda

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir
BERNAS KIMIA HOTS: KUMPULAN SOAL dan PEMBAHASAN

Meneliti itu seru: Mangrove untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru:  Mangrove untuk kesejahteraan
My Son: Jo & Joko: MEDALI PERUNGGU OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) Malang, Oktober 2017

Berparlemen untuk politik yang merakyat

Berparlemen untuk politik yang merakyat
My son Jo at PARLEMEN REMAJA Tkt Nasional, Jakarta, September 2017

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan
My son: Jo & Joko: JUARA 3 NASIONAL Penelitian Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta April 2017

NEW RELEASED: SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED:  SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI
SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA
KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)
NEW RELEASED: BEST PRACTICE for TEACHERS, HEADMASTERS, & SUPERVISORS (2017)

THE BEST CLASS

THE BEST CLASS
KELAS 11 IPA 1 TH AJARAN 2016-2017

BUKU HAMINJON KEMENYAN

BUKU HAMINJON KEMENYAN
Produk Literasi Sains berbasis Karakter (hub 085383403600)

BUKU BEST PRACTICE GURU

BUKU BEST PRACTICE GURU
Produk Literasi Guru 2016 (Hub 085383403600)

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa
Produk literasi 12 IPA SMA XAV 1 (Hub 085383403600)

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3
My dedication & creation

KEDUBES RI DI SEOUL

KEDUBES RI DI SEOUL
Benchmark education at Seoul, May 2015

SEOUL TECH HIGH SCHOOL

SEOUL TECH HIGH SCHOOL
Benchmark Education at Seoul, May 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY  2015
Sakai Technology High School Osaka

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015
With Sensei at Sumiyoshi High School Osaka

KEDUBES RI TOKYO MAY 2015

KEDUBES RI  TOKYO MAY 2015
Benchmark Education at Kedubes Tokyo

12 IPA 3-2014/2015

12 IPA 3-2014/2015
12 IPA 3-2014/2015

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI
Thanks my supervisor, Prof DR I Made S

NEVER GIVE UP TO TRY...

NEVER GIVE UP TO TRY...
THE RESEARCH IS BEING FINISHED

Thanks for all Chemists....

Thanks for all Chemists....
Miss you all... OSN GURU 2013 Bandung

Kel Vene: Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014

Kel Vene:  Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014
With students after chem experiment

Sometime with SCOTTISH

Sometime with SCOTTISH
The instrument that I like it...

TE PAPA MUSEUM in WELLY

TE PAPA MUSEUM in WELLY
Te Papa Museum Wellington

UNTUK APA BELAJAR???

UNTUK APA BELAJAR???
FILOSOFI BELAJAR

OSN 2014 di NTB - MONTELLA

OSN 2014 di NTB  - MONTELLA
OSN 2014 di NTB - Montella
X-Steel Pointer

NATIONAL BEST PRACTICE 2013

NATIONAL BEST PRACTICE 2013
BEST PAPER PRESENTER BEST PRACTICE TEACHER, PUNCAK BOGOR NOV 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013
MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA, BANDUNG SEPT 2013

HBA AWARD 2013

HBA AWARD 2013
Penghargaan Tertinggi Insan Pendidik dari Gubernur Jambi dalam HBA Award 2013 di ACC Ratu Hotel 11 Des 2013 - Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 Prop Jambi

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 ETF AWARD - TEACHERS 2011

CASSIAVERA KERINCI

CASSIAVERA KERINCI
Juara 1 Lomba Penulisan Buku Sains Tkt Nasional 2010

DEDICATION

DEDICATION
SPEAKER AT FMIPA UNPAR BANDUNG 2009

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 WRITING CONTEST for TEACHERS 2010 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
WINNER of TORAY 2009 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
SCHOLARSHIP TO AUCKLAND-NZ 2009

with Jambi GOVERNOR

with Jambi GOVERNOR
Juara 1 Guru Berprestasi 2008 Tkt Propinsi Jambi

OSN KIMIA BANDUNG 2013

OSN KIMIA BANDUNG 2013
JOY DERIL LU FINALIS

OSN KIMIA JAKARTA 2012

OSN KIMIA JAKARTA 2012
ALGERI GADESA: FINALIS

OSN KIMIA 2011

OSN KIMIA 2011
PRASETYO WILFANDI: SILVER MEDAL

OSN KIMIA 2010

OSN KIMIA 2010
DEVINA JONATHAN: BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2009

OSN KIMIA 2009
WELSEN & MARTA: SILVER & BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2008

OSN KIMIA 2008
LIANA AMANDA: BRONZE MEDAL

HPN EXHIBITION 2012

HPN  EXHIBITION 2012
Pameran buku Cassiavera Kerinci Primadona Dunia penulis Elizabeth T.S.Si,M.Pd di HPN 27 EXHIBITION Taman Rimba Jambi, 9-14 Feb 2012

12 IPA 2 tahun 2012

12 IPA 2 tahun 2012
12 IPA 2 (Maret 2012)

12 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TH 2010

12 IPA 1 TH 2010

- Copyright © 2017 Catatan Guru Kimia -- Powered by Blogger - -