Welcome to My Blog - No Days Without Writing
Jumat, 28 Agustus 2015

EKSPERIMEN SIFAT KOLIGATIF:
NAIK TITIK DIDIH LARUTAN - 12 IPA 2
SENIN, 31 AGUSTUS 2015
SMA XAVERIUS 1 JAMBI

Dirancang oleh:
Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd



Salam Kimia,

Kimia adalah bagian dari ilmu sains dasar yang mudah diterapkan dan dibuktikan konsep-konsepnya.  Setelah Anda mempelajari sifat koligatif larutan marilah kita buktikan bagaimana sifat koligatif larutan (dalam hal ini adalah naik titik didih larutan) dapat digunakan untuk memprediksi suatu zat yang ada di sekitar kita.  Pada praktikum kali ini digunakan larutan gliserin, NaCl, dan CaCl2.

Anda diajak untuk berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam hal ini Anda akan akan menganalisis, mensintesis (merancang percobaan), dan mengevaluasi hasil praktikum Anda dalam suatu kolaborasi kelompok sehingga soft skill Anda yaitu kemampuan kerjasama, berdiskusi, berpikir kritis, mengeluarkan ide, keterampilan berbicara (mempresentasikan hasil kerja), serta kemampuan menulis Anda akan dilatih.
Pada kali ini kelas 12 IPA 2 akan mendapatkan topik eksperimen berikut:

EKSPERIMEN KIMIA KELAS 12 IPA 2, TAHUN AJARAN 2015-2016.

JUDUL: 
Sifat Koligatif:  Naik Titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit

TUJUAN:
Memprediksi zat gliserin, NaCl, atau CaCl2 dari kenaikan titik didih larutannya.

PRINSIP (TEORI DASAR):
Larutan dibandingkan pelarut murninya (dalam hal ini adalah air) memiliki lebih banyak zat terlarut yang akan memengaruhi kekuatan gaya interaksi molekulnya terhadap perubahan wujud zat baik menguap, mendidih, maupun membeku.  Dengan demikian terjadi perubahan titik didih dan titik beku larutan tersebut dibandingkan titik didih atau titik beku pelarut murninya.  Titik didih larutan yang diuji dapat dibandingkan terhadap larutan murninya sehingga dapat diprediksi zat yang terdapat dalam larutan tersebut.

ALAT DAN BAHAN yang harus dibawa: (bahan-bahan sudah tersedia di labor)
1.     Label
2.     Tissue dan serbet (lap)
3.     10 gelas plastik bekas air mineral
4.     Spiritus 1 botol kecil dan korek api
5.     5 Sendok teh
6.     AIR AQUA 1 botol kecil (330 ml)
7.     Kamera pada Hp untuk mengambil foto dan video
8.     Laptop connected internet (untuk mengirim data hasil praktikum segera setelah praktikum selesai).
METODE
Rancanglah cara kerja untuk melakukan percobaan ini.  Yang akan Anda ukur adalah:
titik didih air dibandingkan titik didih dari 3 jenis zat yang diberi label A,B, C (tersedia di atas meja praktikum Anda).  Zat tersebut diketahui sebagai larutan gliserin, garam dapur NaCl, dan CaCl2. Berdasarkan hasil eksperimen, Anda akan bisa menebak zat A, B, C adalah zat yang mana.

Jadi rancang cara kerjanya (per kelompok) sehingga Anda bisa menentukan perbedaan titik didih air vs titik didih masing-masing dari ke-3 jenis larutan yang akan Anda buat.

Jadi yang Anda harus tentukan adalah:
-titik didih air murni (solvent)
-titik didih larutan zat A,B, C masing-masing jumlahnya 1 molal dalam volume larutan hanya 25 ml. (ingat jumlah molal setiap zat harus sama).  Catatan:  untuk gliserin cari terlebih dahulu Rumus molekul gliserin nya.

PERSIAPAN KELOMPOK:
Tulis cara kerja Anda dan kirim dengan menulis: 
12 IPA 2 – No. absen ketua kelompok
ke kolom komentar pada blog www.catatangurukimia.blogspot.com 
Paling lambat hari Sabtu, 29 Agustus 2015 pukul 00.00 WIB untuk diberi saran dan masukan oleh guru.  Pada kolom chat box, Anda boleh bertanya kepada guru jika ada hal yang kurang jelas.

LAPORAN HASIL EKSPERIMEN
Setelah praktikum selesai, foto atau lakukan screen shot pada data hasil eksperimen terlebih dahulu, simpan dalam format JPG atau PNG dan kirim ke blog kimia www.catatangurukimia.blogspot.com pada kolom CHAT BOX
dengan format berikut:

Kelas 12 IPA 2. Tulis No Absen: ..........., ..........., ..........., .........., .............

No
Zat yang diuji
Waktu larutan mulai mendidih (menit)
Titik didih
larutan (oC)
T didih
(oC)
1
Air mineral



2
Zat berlabel A



3
Zat berlabel B



4
Zat berlabel C









Penulisan laporan dalam bentuk video yang disimpan dengan format nama file:
1       12 IPA 2-ketua kelompok-naik titik didih larutan. wmv

I      Instruksi kerja:
       Buatlah laporan praktikum dalam bentuk foto yang Anda buat jadi movie software Windows Movie Maker.Insert foto yang Anda ambil saat praktikum lalu insert voice (suara) yang menjelaskan foto tersebut pada setiap slide.  Insert juga music sebagai background slide.

     Bagian yang harus ditampilkan pada video sbb:
     Format laporan sbb:
ü  JUDUL EKSPERIMEN  (1 slide)
ü  TUJUAN (1 slide)
ü  PRINSIP (TEORI DASAR) (1 slide)
ü  ALAT DAN BAHAN (SERTAKAN FOTO) (max 2 slide)
ü  METODE (SERTAKAN FOTO) (max 4 slide)
ü  HASIL PENGAMATAN tampilkan:
VIDEO SAAT LARUTAN MULAI MENDIDIH)
(AMBIL VIDEO SAAT LARUTAN SEDANG MENDIDIH)
Datanya berupa Tabel dan Grafik)

ü  DISKUSI DAN PEMBAHASAN (max 3 slide)
            diskusikan hal berikut:
1.     Apa beda gliserol dan gliserin?  Tuliskan rumus molekul gliserin.
2.     Ikatan kimia apa yang terdapat pada gliserin, NaCl, dan CaCl2.
3.     Berdasarkan data naik titik didih yang Anda peroleh, berikan argumentasi ilmiah yang mendasari Anda untuk menentukan jenis larutan berlabel A,B,C sebagai gliserin, NaCl, atau CaCl2.
4.     Bahas khusus pada data yang menurut Anda “ menarik” untuk didiskusikan.

ü  KESIMPULAN (1 slide)
(Tulis bagaimana hubungan naik titik didih larutan terhadap penentuan jenis larutan)

ü  SARAN (1 slide)
(Jika ada, sarankan sesuatu terkait hasil percobaan Anda, metode, sesuai tujuan praktikum)

ü  DAFTAR PUSTAKA (1 slide)
       (minimal 2 buah)

ü Ucapan terima kasih pada guru pembimbing Anda dan ditutup dengan:
-CREDIT (tim pembuat dan tugas-tugasnya)
-Copyright SMA Xaverius 1 Jambi – September 2015

         Deadline:  Jumat, 4 September pukul 18.00 WIB

F      File  yang dikirim ke email:  lizchem70@gmail.com    (GMAIL ya)
(       Ingat kapasitas video yang dikirim maximal 20 MB/sent email)   

(1) satu buah file video laporan hasil eksperimen.
(2) satu buah file foto saat Anda satu kelompok bekerja sama dalam pembuatan video (semua anggota kelompok harus ada dalam foto tsb), foto ditampilkan dalam keadaan sedang bekerja.  

P   Pengerjaan di luar ketentuan tidak akan diberi nilai. Mohon diperhatikan.  Terima kasih.



{ 14 komentar... read them below or Comment }

  1. Jonathan Thomas
    XII IPA 2

    Jonathan Thomas (16)
    Kevin Fernando (17)
    Mario Alexander (18)
    Melati Eka Agustin (19)
    Michelle Jayanto Tjoa (20)

    Cara Kerja:
    1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan.
    2. Beri label pada setiap gelas.
    3. Tuangkan air pada setiap gelas (gelas ke 2,3,dan 4 volumenya sama).
    4. Tuangkan zat A,B,dan C masing-masing ke gelas 2,3,dan 4. Volume larutan tersebut tidak kurang atau lebih dari 25ml dan volume air dengan zat A,B,dan C sama.
    5. Ukur suhu air murni dan ukur suhu larutan A,B,dan C menggunakan termometer.
    6. Siapkan kompor kemudian tuangkan spritus secukupnya kemudian nyalakan api dengan menggunakan korek kemudian dekatkan api ke tengah tungku berisi spritus, tunggu hingga api menyala sempurna.
    7. Letakkan larutan air murni, larutan A,B,dan C di atas kompor yang telah menyala.
    8. Gunakan stopwatch untuk menghitung sampai berapa lama larutan-larutan tersebut mulai mendidih.
    9. Setelah larutan tersebut mendidih, kemudian ukurlah titik didih dari larutan tersebut.
    10. Kemudian foto untuk didokumentasikan.
    11. Catat semua hasil praktek.
    12. Setelah selesai melakukan praktek, bereskan semua alat dan tempat praktek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah merancang dengan baik.
      Saran:
      -Perhitungkan jumlah setiap zat yang harus dimasukkan dalam larutan
      sebanyak 25 ml karena jumlah molal setiap zat sama yaitu 1 molal. -Sebaiknya setiap zat ditimbang unutk mendapatkan massa dalam satu
      molal
      -selamat bereksplorasi..

      Hapus
  2. David Yohan
    XII IPA 2

    Dandy Fabian (11)
    Darwin Halim (12)
    David Yohan(13)
    Eric Leonardy(14)
    Inne Indrianti (15)

    Cara Kerja: 1.Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
    2.Berilah label pada setiap gelas sebagai penanda
    3.Masukan air ke dalam gelas kesatu , kedua, ketiga, keempat sebanyak 25ml.
    4.Masukan zat A,B,C kedalam gelas kedua,ketiga,keempat sehingga diperoleh larutan dengan molalitas yg sama yaitu 1molal.
    Note: Untuk mendapatkan larutan dengan jumlah 1molal itu diperoleh dengan:
    •25ml=25gram solvent
    •1molal=1mol solute dalam 1kg solvent
    • Mol zat=1x 0,025=0,025mol
    •massa zat=mr zat x 0,025mol=.....gr
    •sehingga massa zat yang didapat dimasukan ke dalam 25ml air ,maka dapatlah larutan yang berjumlah 1molal
    5. Ukur suhu tiap gelas dengan menggunakan termometer.
    6.Siapkan kompor,setelah itu tuangkan spritus secukupnya.kemudian nyalakan api degan menggunakan korek api,tunggu hingga api benar-benar menyala sempurna
    7.Letakan larutan A,B,C serta air murni diatas kompor yang menyala
    8.Gunakan stopwatch untuk menghitung waktu larutan tersebut mulai mendidih.
    9.Setelah larutan mulai mendidih,ukurlah titik didih larutan tersebut dengan menggunakan termometer.
    10.Lalu catatlah semua hasil praktek (waktu larutan mulai medidih dan titik didih larutan)
    11.Kemudian foto untuk didokumentasikan.
    12.Setelah selesai melakukan praktek,tempat dan alat yang digunakan dibersihkan sebagaimana awal sebelum melakukan praktek.

    BalasHapus
  3. Cintya Cloreta (10)
    XII IPA 2

    Celesta (06)
    Chelsea Theresa M (07)
    Christopher Tjandrawira (08)
    Cindy Yie (09)
    Cintya Cloreta (10)

    1.     Label
    2.     Tissue dan serbet (lap)
    3.     10 gelas plastik bekas air mineral
    4.     Spiritus 1 botol kecil dan korek api
    5.     5 Sendok teh
    6.     AIR AQUA 1 botol kecil (330 ml)
    7.     Kamera Hp
    8.     Laptop connected internet
    9. Kawat Kasa
    10. Catatan kecil dan alat tulis
    11. Thermometer
    12. 4 gelas ukur
    13. Larutan gliserin, garam dapur NaCl, dan CaCl2

    Cara Kerja :
    1.Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Kalau perlu, pakailah baju lab dan alat perlindungan lainnya seperti sarung tangan.
    2.Berilah label nama pada setiap gelas ukur sebagai penanda, label A, B, C pada 3 gelas ukur, sedangkan label Air Murni pada 1 gelas lainnya.
    3.Masukan air ke dalam gelas kesatu , kedua, ketiga, keempat sebanyak 25ml.
    4.Masukan zat A (Gliserin),B(NaCl),C(CaCl2) kedalam masing - masing gelas sesuai dengan label A, B, C dengan menggunakan sendok teh dengan massa zat larutan yang telah ditentukan,sehingga diperoleh larutan dengan molalitas yg sama yaitu 1 molal.
    5. Ukur suhu tiap gelas dengan menggunakan termometer, catat suhunya dan dokumentasikan dengan kamera hp.
    6.Siapkan kompor spiritus, setelah itu tuangkan spritus secukupnya.Kemudian nyalakan api degan menggunakan korek api,tunggu hingga api benar-benar menyala sempurna dan panas
    7.Letakan larutan A,B,C serta air murni diatas kawat kasa yang diletakkan d atas kompor yang sudah menyala dan panas.
    8.Gunakan stopwatch untuk menghitung waktu larutan tersebut mulai mendidih. catat waktunya.
    9.Setelah larutan mulai mendidih,ukurlah titik didih larutan tersebut dengan menggunakan termometer.catat suhunya dan dokumentasikan dengan kamera foto.
    10.Lalu mematikan kompor dan menunggu larutan sedikit mendingin dan membereskannya.
    11.Kemudian memasukkan data foto ke laptop dengan menggunakan kabel data.
    12. Selanjutnya, membersihkan tempat, dan alat yang digunakan dan disusun rapi seperti sebelum praktek.
    13. Menyusun, memasukkan dan merapikan catatan dalam format yang akan dikirimkan ke blog catatangurukimia.blogspot.com secepatnya dengan menggunakan laptop.

    Pertanyaan :
    1) Bila sambungan internet bermasalah, dan data terpaksa tidak dapat dikirim setelah praktek, bisakah kami mengirimkannya sebelum jam 8 malam?
    2) Apakah kawat kasa harus kami sediakan?
    3) Untuk apa 10 gelas air mineral disediakan?
    4) Apakah kompor spiritus yang nanti di pakai dapat memanaskan 4 gelas ukur secara bersamaan? Atau harus satu per satu?
    5) Apakah kami juga harus membeli thermometer?

    Sekian dari kelompok kami, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik terima kasih atas rancangan praktikum Anda dan pertanyaan Anda.
      Sudah Ibu jawab di kolom chat box ya..silakan chek..

      Hapus
    2. Maaf,Bu. Komentar sebelumnya dipost oleh salah satu anggota kelompok. Ini adalah revisi dari rancangan percobaan praktek berdasarkan hasil diskusi kelompok kami.

      Cintya Cloreta
      XII IPA 2

      Celesta Caroline (6)
      Chelsea Theresa M (7)
      Christoper Tjandrawira (8)
      Cindy Yie (9)
      Cintya Cloreta (10)

      Cara Kerja :
      1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan
      2. Siapkan 4 gelas dengan diberi label 1,2,3,4
      3. Masukkan air ke setiap gelas sebanyak 25ml
      4. Campurkan zat A ke gelas 2 sekian gram didapat larutan sebesar 1molal
      5. Campurkan zat B ke gelas 3 sekian gram agar didapat larutan sebesar 1molal
      6. Campurkan zat C ke gelas 4 sekian gram agar didapat larutan sebesar 1molal
      7. Dengan menggunakan termometer, ukur suhu larutan dalam masing-masing gelas
      8. Siapkan kompor spirtus dan tuangkan spirtus. Kemudian nyalakan kompor dan pastikan api menyala
      9. Panaskan air, larutan A, larutan B, larutan C di atas kompor spiritus yang sudah menyala hingga mendidih
      10. Hitung waktu yang diperlukan air, larutan A,B dan C untuk mendidih
      11. Kembali ukur suhu larutan dalam masing-masing gelas setelah mendidih
      12. Catat hasil praktek yang telah dilaksanakan
      13. Dokumentasikan semua proses selama melakukan praktek dalam foto dan video
      14. Bersihkan peralatan dan tempat praktek setelah selesai digunakan

      Hapus
    3. Terima kasih sudah merancang dengan baik.
      Saran:
      -Perhitungkan jumlah setiap zat yang harus dimasukkan dalam larutan sebanyak 25 ml karena jumlah molal setiap zat sama yaitu 1 molal.
      -Sebaiknya setiap zat ditimbang unutk mendapatkan massa dalam satu molal
      -selamat bereksplorasi..

      Hapus
  4. Yogi Lesmana Sulestio
    XII IPA 2

    Stefandi Glivert(26)
    Stefanus Widy Yanto(27)
    Steven Darwan Ong(28)
    Winnie Wiwa(29)
    Yogi Lesmana Sulestio(30)

    Cara Kerja:
    1.Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
    2.Beri label pada setiap gelas.
    3.Ukur terlebih dahulu suhu awal air murni.
    4.Tuangkan air ke dalam setiap gelas sebanyak 25 ml.
    5.Tuangkan zat A,B, dan C ke dalam gelas yang telah disediakan sehingga diperoleh larutan dengan molalitas 1 molal.
    6.Ukur suhu larutan zat A,B, dan C.
    7.Siapkan kompor, kemudian tuangkan spiritus secukupnya.
    8.Nyalakan api dengan korek, lalu tunggu hingga api menyala dengan sempurna.
    9.Letakkan gelas yang berisi air murni, larutan A,B, dan C di atas kompor yang menyala.
    10.Hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan larutan - larutan tersebut untuk mendidih, lalu catat waktunya.
    11.Ukurlah titik didih larutan tersebut setelah larutan mulai mendidih, lalu catat titik didihnya.
    12.Bereskan alat dan bahan yang telah digunakan.

    Catatan Tambahan:
    1.Pastikan Handphone dalam keadaan hidup dan siap untuk mengabadikan gambar dan video.
    2.Pastikan laptop dalam keadaan hidup dan tersambung ke jaringan internet agar dapat mengirim data hasil praktikum.
    3.Siapkan kabel data untuk mentransfer foto data hasil praktikum.
    4.Jangan lupa untuk memakai baju laboratorium.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, sudah merancang dengan baik.
      Saran:
      -Perhitungkan jumlah setiap zat yang harus dimasukkan dalam larutan
      sebanyak 25 ml karena jumlah molal setiap zat sama yaitu 1 molal. -Sebaiknya setiap zat ditimbang unutk mendapatkan massa dalam satu molal
      -selamat bereksplorasi..

      Hapus
  5. Carmelita XII IPA 2

    Abraham Manik (1)
    Andrew Leonardo (2)
    Anggie Nikita (3)
    Bella Aurelia (4)
    Carmelita (5)

    Cara Kerja :
    1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan
    2. Siapkan 4 buah gelas dan beri label 1,2,3,4 pada masing-masing gelas
    3. Masukkan air ke gelas 1,2,3,4 dengan volume yang sama setiap gelasnya (25ml)
    4. Masukkan zat A ke gelas 2 sehingga diperoleh larutan dengan molalitas 1 molal
    5. Masukkan zat B ke gelas 3 sehingga diperoleh larutan dengan molalitas 1 molal
    6. Masukkan zat C ke gelas 4 sehingga diperoleh larutan dengan molalitas 1 molal
    7. Ukur suhu awal air murni, larutan A, larutan B, larutan C dengan menggunakan termometer
    8. Siapkan kompor spiritus, spiritus dan korek api
    9. Tuangkan spritus secukupnya. Kemudian nyalakan api degan menggunakan korek api,tunggu hingga api menyala sempurna
    10. Panaskan air, larutan A, larutan B, larutan C di atas kompor spiritus yang sudah menyala hingga mendidih
    11. Ukur waktu mendidih air, larutan A, larutan B, larutan C dari awal dipanaskan hingga mendidih
    12. Setelah mendidih, ukur titik didih air, larutan A, larutan B, larutan C menggunakan termometer
    13. Mengambil foto dan video untuk didokumentasikan
    14. Catat semua hasil praktek
    15. Setelah selesai melakukan praktek, membersihkan meja dan semua peralatan yang digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah merancang dengan baik.
      Saran:
      -Perhitungkan jumlah setiap zat yang harus dimasukkan dalam larutan
      sebanyak 25 ml karena jumlah molal setiap zat sama yaitu 1 molal. -Sebaiknya setiap zat ditimbang unutk mendapatkan massa dalam satu molal
      -selamat bereksplorasi..

      Hapus
  6. Rini Riantie 24
    XII IPA 2

    Nicky Belvin(21)
    Nico Richardo(22)
    Ricky erdiansyah(23)
    rini riantie(24)
    Shareen Gozali(25)
    Cara kerja :
    1. Siapkan 4 buah gelas
    2. Gelas 1 diberi label nama air mineral
    Gelas ke 2 diberi label nama zat A
    Gelas ke 3 diberi label nama zat B
    Gelas ke 4 diberi label nama zat C
    3. Masukkan air ke tiap-tiap gelas sebanyak 25 ml
    4. Pada gelas 2,3,4 tambahlah beberapa gram zat sesuai dengan labelnya hingga diperoleh larutan sebesar 1 Molal
    5. Ukur suhu awal larutan masing masing gelas
    6. Tuang spiritus ke kompor dan nyalakan sumbunya dengan cara dekati korek api hingga menyala merata
    7. panaskan keempat larutan hingga mencapai titik didih
    8. Hitunglah waktu setiap larutan untuk mencapai titik didih dalam sekon(s).
    9. Ukurlah keempat larutan menggunakan termometer
    10. Catatlah hasil-hasil data percobaan dalam bentuk tabel yang disediakan.
    11. Dokumentasikan melalui foto dan video
    12. Bersihkan dan rapikan semua alat yang telah digunakan.
    13. Mengumpulkan laporan berupa video kerja dan mempresentasikannya di depan kelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah merancang dengan baik.
      Saran:
      -Perhitungkan jumlah setiap zat yang harus dimasukkan dalam larutan
      sebanyak 25 ml karena jumlah molal setiap zat sama yaitu 1 molal. -Sebaiknya setiap zat ditimbang unutk mendapatkan massa dalam satu molal
      -selamat bereksplorasi..

      Hapus

Cari Sesuatu Di Blog Ini

GAGAS KIMIA 3

GAGAS KIMIA 3
COMINg SOON

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019
GAGAS KIMIA HOTS: Kumpulan soal dan pembahasan 2019

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)
GAGAS KIMIA SERIES: NEW LAUNCHING 2018

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI DAN USAHA

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI  DAN USAHA
UNIV. of CARNEGIE MELLON USA

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:
BERNAS KIMIA HOTS NEW PUBLISHED: Kumpulan soal HOTS ver LDS (2018)

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT
Nice class: 2018 12 IPA 3; Selamat berlayar menjemput cita-cita Anda

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir
BERNAS KIMIA HOTS: KUMPULAN SOAL dan PEMBAHASAN

Meneliti itu seru: Mangrove untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru:  Mangrove untuk kesejahteraan
My Son: Jo & Joko: MEDALI PERUNGGU OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) Malang, Oktober 2017

Berparlemen untuk politik yang merakyat

Berparlemen untuk politik yang merakyat
My son Jo at PARLEMEN REMAJA Tkt Nasional, Jakarta, September 2017

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan
My son: Jo & Joko: JUARA 3 NASIONAL Penelitian Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta April 2017

NEW RELEASED: SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED:  SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI
SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA
KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)
NEW RELEASED: BEST PRACTICE for TEACHERS, HEADMASTERS, & SUPERVISORS (2017)

THE BEST CLASS

THE BEST CLASS
KELAS 11 IPA 1 TH AJARAN 2016-2017

BUKU HAMINJON KEMENYAN

BUKU HAMINJON KEMENYAN
Produk Literasi Sains berbasis Karakter (hub 085383403600)

BUKU BEST PRACTICE GURU

BUKU BEST PRACTICE GURU
Produk Literasi Guru 2016 (Hub 085383403600)

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa
Produk literasi 12 IPA SMA XAV 1 (Hub 085383403600)

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3
My dedication & creation

KEDUBES RI DI SEOUL

KEDUBES RI DI SEOUL
Benchmark education at Seoul, May 2015

SEOUL TECH HIGH SCHOOL

SEOUL TECH HIGH SCHOOL
Benchmark Education at Seoul, May 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY  2015
Sakai Technology High School Osaka

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015
With Sensei at Sumiyoshi High School Osaka

KEDUBES RI TOKYO MAY 2015

KEDUBES RI  TOKYO MAY 2015
Benchmark Education at Kedubes Tokyo

12 IPA 3-2014/2015

12 IPA 3-2014/2015
12 IPA 3-2014/2015

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI
Thanks my supervisor, Prof DR I Made S

NEVER GIVE UP TO TRY...

NEVER GIVE UP TO TRY...
THE RESEARCH IS BEING FINISHED

Thanks for all Chemists....

Thanks for all Chemists....
Miss you all... OSN GURU 2013 Bandung

Kel Vene: Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014

Kel Vene:  Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014
With students after chem experiment

Sometime with SCOTTISH

Sometime with SCOTTISH
The instrument that I like it...

TE PAPA MUSEUM in WELLY

TE PAPA MUSEUM in WELLY
Te Papa Museum Wellington

UNTUK APA BELAJAR???

UNTUK APA BELAJAR???
FILOSOFI BELAJAR

OSN 2014 di NTB - MONTELLA

OSN 2014 di NTB  - MONTELLA
OSN 2014 di NTB - Montella
X-Steel Pointer

NATIONAL BEST PRACTICE 2013

NATIONAL BEST PRACTICE 2013
BEST PAPER PRESENTER BEST PRACTICE TEACHER, PUNCAK BOGOR NOV 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013
MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA, BANDUNG SEPT 2013

HBA AWARD 2013

HBA AWARD 2013
Penghargaan Tertinggi Insan Pendidik dari Gubernur Jambi dalam HBA Award 2013 di ACC Ratu Hotel 11 Des 2013 - Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 Prop Jambi

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 ETF AWARD - TEACHERS 2011

CASSIAVERA KERINCI

CASSIAVERA KERINCI
Juara 1 Lomba Penulisan Buku Sains Tkt Nasional 2010

DEDICATION

DEDICATION
SPEAKER AT FMIPA UNPAR BANDUNG 2009

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 WRITING CONTEST for TEACHERS 2010 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
WINNER of TORAY 2009 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
SCHOLARSHIP TO AUCKLAND-NZ 2009

with Jambi GOVERNOR

with Jambi GOVERNOR
Juara 1 Guru Berprestasi 2008 Tkt Propinsi Jambi

OSN KIMIA BANDUNG 2013

OSN KIMIA BANDUNG 2013
JOY DERIL LU FINALIS

OSN KIMIA JAKARTA 2012

OSN KIMIA JAKARTA 2012
ALGERI GADESA: FINALIS

OSN KIMIA 2011

OSN KIMIA 2011
PRASETYO WILFANDI: SILVER MEDAL

OSN KIMIA 2010

OSN KIMIA 2010
DEVINA JONATHAN: BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2009

OSN KIMIA 2009
WELSEN & MARTA: SILVER & BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2008

OSN KIMIA 2008
LIANA AMANDA: BRONZE MEDAL

HPN EXHIBITION 2012

HPN  EXHIBITION 2012
Pameran buku Cassiavera Kerinci Primadona Dunia penulis Elizabeth T.S.Si,M.Pd di HPN 27 EXHIBITION Taman Rimba Jambi, 9-14 Feb 2012

12 IPA 2 tahun 2012

12 IPA 2 tahun 2012
12 IPA 2 (Maret 2012)

12 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TH 2010

12 IPA 1 TH 2010

- Copyright © 2017 Catatan Guru Kimia -- Powered by Blogger - -