Archive for Juli 2017
KELAS 12 IPA lihat ini: TGS TGL 22 JULI 2017
JUDUL: POLIMERISASI PERCLENE
Tgs ini lajutan tgs tgl 19 JUli 2017 ya.
Anda wajib mengerjakan tgs yang tgl 19 Juli dulu baru tgs yg ini.
Pada setiap buku ditulis ya tanggal pengerjaan tgs nya supaya mudah dicek.
PETUNJUK:
1. Perhatikan struktur percloro etilen.
Di sana ada gugus reaktif yang sangat penting yaitu gugus apa? (pikirkan)
Nah gugus ini sangat mampu melakukan reaksi jenis apa? (pikirkan)
Reaksi yang Anda pikir barusan itu dapat berlangsung berulang kali tanpa batas (unlimitted) ya. sehingga menghasilkan produk berantai tanpa ujung dengan jumlah unit hingga milyaran. Produk ini disebut POLIMER, sedangkan reaksinya disebut polimerisasi adisi.
2. Buatlah reaksi polimerisasi adisi dari perclene yang menghasilkan polimer POLIPERCLENE.
Agar Anda yakin terhadap pekerjaan Anda maka SEBELUMNYA, silakan browsing lalu menulis reaksi polimerisasi adisi pembentukan senyawa berikut:
a. PE (polietena)
b. PP (polipropilena)
c. PVC (poli vinil chlorida).
d. PS (polistirena)
e. PET (poli etilen terephtalat)
f. TEFLON
g. ISOPRENA (karet alam).
Setelah menulis abcdefg baru Anda menulis reaksi polimerisasi adisi dari PERCLENE.
(di sini ada 8 jawaban ya).
3. Nah setelah Anda menyelesaikan POLIPERCLENE maka ceritakan manfaat masing-masing poin abcdef itu dengan menempel lebih dahulu gambar dari salah satu pemanfaatan abcdefg itu di buku Anda. (cara: googling--> baca--> pilih gambar --> gunting--> tempel di buku lalu menulis cerita singkat manfaat dari masing-masing bahan abcdefg itu).
4. Setelah bertemu Ibu, presentasikan di depan kelas.
Selamat berliterasi digital. Dunia tak sejauh yang kita pikirkan.
JUDUL: POLIMERISASI PERCLENE
Tgs ini lajutan tgs tgl 19 JUli 2017 ya.
Anda wajib mengerjakan tgs yang tgl 19 Juli dulu baru tgs yg ini.
Pada setiap buku ditulis ya tanggal pengerjaan tgs nya supaya mudah dicek.
PETUNJUK:
1. Perhatikan struktur percloro etilen.
Di sana ada gugus reaktif yang sangat penting yaitu gugus apa? (pikirkan)
Nah gugus ini sangat mampu melakukan reaksi jenis apa? (pikirkan)
Reaksi yang Anda pikir barusan itu dapat berlangsung berulang kali tanpa batas (unlimitted) ya. sehingga menghasilkan produk berantai tanpa ujung dengan jumlah unit hingga milyaran. Produk ini disebut POLIMER, sedangkan reaksinya disebut polimerisasi adisi.
2. Buatlah reaksi polimerisasi adisi dari perclene yang menghasilkan polimer POLIPERCLENE.
Agar Anda yakin terhadap pekerjaan Anda maka SEBELUMNYA, silakan browsing lalu menulis reaksi polimerisasi adisi pembentukan senyawa berikut:
a. PE (polietena)
b. PP (polipropilena)
c. PVC (poli vinil chlorida).
d. PS (polistirena)
e. PET (poli etilen terephtalat)
f. TEFLON
g. ISOPRENA (karet alam).
Setelah menulis abcdefg baru Anda menulis reaksi polimerisasi adisi dari PERCLENE.
(di sini ada 8 jawaban ya).
3. Nah setelah Anda menyelesaikan POLIPERCLENE maka ceritakan manfaat masing-masing poin abcdef itu dengan menempel lebih dahulu gambar dari salah satu pemanfaatan abcdefg itu di buku Anda. (cara: googling--> baca--> pilih gambar --> gunting--> tempel di buku lalu menulis cerita singkat manfaat dari masing-masing bahan abcdefg itu).
4. Setelah bertemu Ibu, presentasikan di depan kelas.
Selamat berliterasi digital. Dunia tak sejauh yang kita pikirkan.
KELAS 11 IPA LIHAT INI: TGS TGL 19 JULI 2017
JIKA SUDAH ADA ABSENNYA MAKA KELOMPOKNYA ADALAH:
KEL 1: ABSEN 1 s.d 7
KEL 2: ABSEN 2 s/d 14
KEL 3
KEl 4
KEL 5
KEL 6
(HANYA BOLEH ADA 6 KEL.).
JIKA ABSEN BLM ADA: ANDA BAGI SESUAI URUTAN ABJAD NAMA DEPAN ANDA (KETUA KELAS MENGATUR) YA.
TUGASNYA INDIVIDU, DITULIS PADA BUKU CATATAN SAJA:
TAPI SAAT MENGERJAKAN BERKELOMPOK.
NANTI KALAU IBU SUDAH MASUK, AKAN DIPRESENTASIKAN TUGAS ITU SECARA INDIVIDU.
TUGAS TGL 19 JULI 2017.
JUDUL: MENYAMAKAN KONSEP BERPIKIR FAKTUAL APA ITU KIMIA.
SECARA BERKELOMPOK ANDA BERSAMA-SAMA MENGAMATI LINGKUNGAN INI:
KEL 1: HALAMAN SEKOLAH
KEL 2: TOILET (MAU DEPAN ATAU BELAKANG BOLEH)
KEL 3: JALAN RAYA (TAPI JANGAN KE JALAN, AMATI DARI BALIK PAGAR DEPAN SAJA).
KEL 4: DAPUR SEKOLAH
KEL 5: KANTIN SEKOLAH
KEL 6: PERPUSTAKAAN
CATAT PADA BUKU CATATAN ANDA (INDIVIDUAL YA).
LANGKAH 1:
Amati apa saja yang ada di situ.
Bisa berupa benda, kegiatan, peristiwa, dst.
LALU CATAT.
LANGKAH 2:
Bagaimana Anda menghubungkan antara apa saja yang Anda baru saja amati dan dicatat itu terkait kimia?
LANGKAH 3:
Jadi beri kesimpulan apa itu kimia?
Apa kaitannya dengan kehidupan?
Apa manfaatnya bagi kita?
SELESAI.
UNTUK HARI JUMAT: NANTIKAN DI BLOG INI JUGA
JIKA SUDAH ADA ABSENNYA MAKA KELOMPOKNYA ADALAH:
KEL 1: ABSEN 1 s.d 7
KEL 2: ABSEN 2 s/d 14
KEL 3
KEl 4
KEL 5
KEL 6
(HANYA BOLEH ADA 6 KEL.).
JIKA ABSEN BLM ADA: ANDA BAGI SESUAI URUTAN ABJAD NAMA DEPAN ANDA (KETUA KELAS MENGATUR) YA.
TUGASNYA INDIVIDU, DITULIS PADA BUKU CATATAN SAJA:
TAPI SAAT MENGERJAKAN BERKELOMPOK.
NANTI KALAU IBU SUDAH MASUK, AKAN DIPRESENTASIKAN TUGAS ITU SECARA INDIVIDU.
TUGAS TGL 19 JULI 2017.
JUDUL: MENYAMAKAN KONSEP BERPIKIR FAKTUAL APA ITU KIMIA.
SECARA BERKELOMPOK ANDA BERSAMA-SAMA MENGAMATI LINGKUNGAN INI:
KEL 1: HALAMAN SEKOLAH
KEL 2: TOILET (MAU DEPAN ATAU BELAKANG BOLEH)
KEL 3: JALAN RAYA (TAPI JANGAN KE JALAN, AMATI DARI BALIK PAGAR DEPAN SAJA).
KEL 4: DAPUR SEKOLAH
KEL 5: KANTIN SEKOLAH
KEL 6: PERPUSTAKAAN
CATAT PADA BUKU CATATAN ANDA (INDIVIDUAL YA).
LANGKAH 1:
Amati apa saja yang ada di situ.
Bisa berupa benda, kegiatan, peristiwa, dst.
LALU CATAT.
LANGKAH 2:
Bagaimana Anda menghubungkan antara apa saja yang Anda baru saja amati dan dicatat itu terkait kimia?
LANGKAH 3:
Jadi beri kesimpulan apa itu kimia?
Apa kaitannya dengan kehidupan?
Apa manfaatnya bagi kita?
SELESAI.
UNTUK HARI JUMAT: NANTIKAN DI BLOG INI JUGA
MATERI: PENGANTAR MAKROMOLEKUL
FAKTA
DI SEKITAR KITA: DRY CLEANING
Tonton ke-2 video berikut. Diskusikan dengan
teman Anda dan catat jawaban pertanyaan di bawah ini pada buku catatan Anda
saja.
Beri judul:
MATERI:
PENGANTAR MAKROMOLEKUL
FAKTA DI SEKITAR KITA: DRY CLEANING
Tanggal: 19 Juli 2017.
1. Judul:
How CO2 dry cleaning with Solvair works
Klik
klink youtube berikut:
2.
Judul: Holiday Cleaners - The Dry Cleaning Process
Klik
link beirkut: https://www.youtube.com/watch?v=034kl1IRVY0
Jawab pertanyaan ini:
1.
Jelaskan bagaimana CO2 liquid bekerja
membersihkan pakaian?
2.
Apa dampak terhadap lingkungan dari CO2
yang digunakan dalam mesin dry cleaning?
3.
Apa pengaruh tekanan dalam sistem
kesetimbangan dalam mesin?
4.
Mengandung zat apakah DF 2000? Mengapa
bisa membersihkan pakaian?
5.
Mengapa perkloro etilen berbahaya? Ulas dari struktur kimianya.