Archive for Oktober 2017
TUGAS
SEL VOLTA KELAS 12 IPA 3:
Buatlah diagram sel volta pada elektrode
berikut:
SOAL 1
Satu
rangkaian sel Volta menggunakan elektrode Logam Sn dan Logam Pb.
Untuk
membuat rangkaian ini, ikuti petunjuk sbb:
1)
Tentukan
mana yang merupakan anoda dan mana yang merupakan katoda dan beri tanda plus
minusnya.
2)
Gunakan
larutan yang sama dengan elektrodenya.
3)
Tentukan
jembatan garam yang akan dipakai dan arah aliran ion dalam jembatan garam itu.
4)
Apa
fungsi jembatan garam dalam rangkaian sel Volta?
5)
Tentukan
arah aliran elektron pada kabel dari mana ke mana
6)
Buat
notasi sel dan reaksi kimianya serta HITUNG NILAI E 0 CELL nya dalam .....V (nyatakan spontan atau tidak
7)
Warnai
dan beri keterangan yang jelas diagram sel Volta Anda.
SOAL 2
Satu
rangkaian sel Volta menggunakan elektrode Logam Mg dan Logam Zn
Untuk
membuat rangkaian ini, ikuti petunjuk sbb:
1)
Tentukan
mana yang merupakan anoda dan mana yang merupakan katoda dan beri tanda plus
minusnya.
2)
Gunakan
larutan yang sama dengan elektrodenya.
3)
Tentukan
jembatan garam yang akan dipakai dan arah aliran ion dalam jembatan garam itu.
4)
Apa
fungsi jembatan garam dalam rangkaian sel Volta?
5)
Tentukan
arah aliran elektron pada kabel dari mana ke mana
6)
Buat
notasi sel dan reaksi kimianya. serta HITUNG NILAI E 0 CELL nya dalam .....V (nyatakan spontan atau tidak
7)
Warnai
dan beri keterangan yang jelas diagram sel Volta Anda.
PETUNJUK PEMBUATAN DIGITAL REPORT 12 IPA 1
dan 12 IPA 3
JUMAT, 25 OKTOBER 2017 PUKUL 00.00 WIB
ü
Digital report dibuat
berkelompok dengan produk berupa video bersuara.
ü
(Nah kali ini Anda
harus bisa menunjukkan kemajuan belajar dalam membuat laporan digital berupa
video). Kemajuan tipikal video kali ini adalah insert
voice atau suara.
PETUNJUK:
Slide 1:
Judul praktikum:
UJI KUALITATIF KARBOHIDRAT, PROTEIN, DAN LEMAK pada
MAKANAN
oleh:
nama anggota kelompok dan absennya
SMA XAVERIUS 1 Jambi
Oktober 2017.
Slide 2: Semua
anggota kelompok berfoto bersama lalu insert suara dengan kalimat sbb:
Salam kimia, kami dari kelompok .... (Sebutkan kelompok
berapa) dengan anggota
....,.....,....,.... bla bla bla
SMA Xaverius 1 Jambi menyajikan video hasil
praktikum kimia UJI
KUALITATIF KARBOHIDRAT, PROTEIN, DAN LEMAK pada MAKANAN
yang sudah kami lakukan
dengan bimbingan Ibu Elizabeth Tjahjadarmawan. Semoga bermanfaat bagi
kita semua. Selamat menyaksikan.
Slide 3: Prinsip Uji kualitatif karbohidrat, protein, dan lemak pada makanan (insert suara)
Adalah reaksi
reduksi oksidasi yang terjadi pada bagan berikut:
Prinsip uji
biuret
(Uji biuret untuk
mngetahui adanya ikatan peptidak pada bahan makanan yang diketahui dari reaksi redoks
antara ion logam Cu (II) dengan ikatan peptida pada protein: insert voice)
Prinsip uji
Benedict
(Uji karbohidrat
pada makanan diamati melalui reaksi redoks antara ion Cu (II) pada suasana basa
dengan gugus pereduksi (aldehida) pada glukosa
dalam bahan makanan: insert voicenya)
Prinsip uji Lugol
(larutan lugol
mengandung I2 yang berwarna kuning.
Setelah I2 mengikat amilum akan membentuk kompleks iod-amilum yang
berwarna biru tua menandakan bahan makanan mengandung amilum): insert voicenya
Penjelasannya
sbb: (translate ini)
The starch-iodide complex is formed as charge - recall electrons are charged particles
- is transferred between the starch and iodide ions - tri-iodide or
pentaiodide.
The transfer of charge between the starch and the iodide ion changes the spacing between the energy levels/ orbitals.
This change results in the starch-iodide complex absorbing light at a different wavelength - than any other species aforementioned - resulting in an intense purple colour; Biologists call this colour blue-black.
The transfer of charge between the starch and the iodide ion changes the spacing between the energy levels/ orbitals.
This change results in the starch-iodide complex absorbing light at a different wavelength - than any other species aforementioned - resulting in an intense purple colour; Biologists call this colour blue-black.
(sajikan
foto atau screenshot reaksi kimia pada bagan tersebut. (yang besar fotonya) supaya
jelas terlihat.
Slide 4: Alat dan bahan (insert suara untuk menjelaskan)
Tampilkan
foto alat-alat dan bahan-bahannya lengkap.
Slide 5: Cara kerja (insert suara langkah pengerjaan harus Anda pandu sehingga
penonton dapat mengikuti dengan jelas proses pembuatan sabunnya). Ingat
pada bagian ini atur layers dan timeline tiap langkah agar mudah dibaca dan
diamati dengan jelas. Ingt bahwa Anda membuat sabun sebagai pengalaman
yang dapat Anda kembangkan untuk masa yang akan datang termasuk bagi orang lain
ya. Ilmu untuk disebarkan kepada sesama.
Slide 6: Hasil dan pembahasan
Tampilkan
berupa tabel yang didalmnya diinsert foto produk hasil praktikumnya.
No
|
Bahan
makanan
|
Perubahan
warna setelah ditambah: biuret
|
Perubahan
warna setelah ditambah: benedict dan dipanaskan
|
Perubahan
warna setelah ditambah: lugol
|
Kesimpulan
|
|
1
|
Nasi
tanpa dikunyah
|
Dari biru
tetap biru:
|
Dari biru
tetap biru
|
Dari
kuning menjadi biru kehitaman
|
Mengandung
amilum
|
|
2
|
Nasi dikunyah
|
Dari biru
tetap biru
|
Dari biru
menjadi merah orange
|
Dari
kuning menjadi biru kehitaman
|
Mengandung
amilum dan gugus pereduksi (glukosa)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji
terhadap kandungan lemak dengan kertas minyak.
No
|
Bahan
makanan
|
Setelah
diteteskan pada kertas saring
|
Kesimpulan
|
1
|
Minyak
goreng
|
Terbentuk
transparansi
|
Mengandung
lemak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji
terhadap kandungan plastik pada krupuk
No
|
Bahan
makanan
|
Setelah
dibakar pada lilin menyala
|
Kesimpulan
|
1
|
Krupuk
|
-Menyala
sebentar lalu padam.
-bekas
bakaran tidak mengeras
|
Tidak
mengandung plastik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bahaslah bagian ini:
1)
Mengapa terjadi
perubahan warna??
2)
Mengapa tidak terjadi
perubahan warna?
3)
Mengapa nasi perlu
dikunyah?
4)
Mengapa pada uji
Benedict perlu dipanaskan?
5)
Mengapa krupuk dibakar
dan mengeras atau terus menyala diprediksi mengandung plastik?
6)
Mengapa transparansi
pada kertas saring yang ditetesi minyak menyimpulkan bahan makanan mengandung
minyak? (kemukakan sifat lemak yang menyertai keadaan ini).
7)
Dst kembangkan hal-hal
yang penting dibahas.
Bahas ilmiah sertakan referensi dari sumber terpercaya dan
seratkan alamat sumbernya baik buku atau sumber online.
Slide 7: Kesimpulan
(insert
suara bahwa hasil praktikum
Uji
kualitatif bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, diamati
secara visual melalui perubahan warna yang terjadi saat bereaksi dengan reagent
uji.
Slide 8: Saran
Saran
ilmiah jangan menyalahkan alat, bahan, dan cara kerja Anda.
Slide 9: Daftar Pustaka:
tidak
perlu suara, namun ketik sumber pustaka minimal 2.
Slide 10: Credits
Cantumkan
CREDITS misalnya:
Coordinator:
........
Cameraman:
........
Editor
video: ........
Script
video: .......
Dst ...
semua
anggota kel Anda beserta kontributor sebagai apa termasuk yang gak kerja
apa-apa ya tulis saja tidak bekerja. (unt yang tidaik berpartisipasi alias
terima beres berarti Anda belum dewasa belum bisa berpikir maju dan tidak
bersikap ilmiah sehingga Anda bisa mendapat sanksi akademis). Mohon ketua
menulis surat dan mengirin ke email ibu untuk hal-hal ini.
Terima
kasih.
MATERI: MENYETARAKAN PERSAMAAN REAKSI REDOKS
DENGAN METODE SETENGAH REAKSI
PETUNJUK:
1. Catat materi berikut dan pelajari.
2. Kerjakan persamaan reaksi berikut.
J Langkah penyetaraan reaksi redoks dengan cara
setengah reaksi:
1. Tentukan reaksi oksidasi dan reduksinya lalu
pisahkan.
2. Setarakan koefisien reaksi ruas kiri dan kanan untuk atom yang mengalami perubaha
3. Setarakan muatan dengan menambah elektron.
4. Reaksi yang jumlah atom O atau H belum setara
disetarakan dengan cara:
ü jika reaksi berlangsung dalam suasana asam maka:
kekurangan O ditambahkan H2O dan
kekurangan H ditambahkan H+
ü jika reaksi berlangsung dalam suasana basa
maka:
kekurangan O ditambahkan OH-, sementara
kekurangan H ditambahkan H2O.
Setelah itu
setarakan kembali dengan melihat bahwa pada umumnya perbandingan OH- : H2O
adalah 2 : 1.
5. Setarakan jumlah elektron dari kedua setengah
reaksi.
6. Jumlahkan reaksinya.
7. Cek setara muatan kanan = kiri
8. cek setara jumlah atom kanan = kiri
Selesaikan
persamaan reaksi redoks sebagai berikut dengan cara ½ reaksi.
1. Cl2 (aq)+ IO3- (aq) à IO4- (aq)
+ Cl- (aq) (basa)
2. K2Cr2O7 (aq) + H2SO4
(aq) +KNO2 (aq) à K2SO4 (aq) + Cr2(SO4)3
(aq) + KNO3 (aq) (asam)
3. KIO3 (aq) + H2SO4
(aq) +KI (aq) à K2SO4
(aq) + I2 (s)
+ H2O (l) (asam)
4. S2O3-2 (aq) + Cl2 (g) +HH à SO4
2- (aq) + Cl - (aq) (asam)
5. MnO4- (aq)
+ I- (aq) +HH à MnO2
(s) + I2 (s) (basa)
6. ClO3- (aq) + S2O32- (aq) +HH à Cl- (aq) + S4O62-
(aq) (asam)
7. KMnO4 (aq) + H2SO4 (aq)
+FeSO4 (aq) à K2SO4
(aq) + MnSO4 (aq) + Fe2(SO4)3
(aq) (asam)
8. Cr3+ (aq) + OH - (aq)
+ Cl2 (g) à CrO4
2- (aq) + KIO4 (aq) + Cl - (aq) (basa)
9. Cr2O7
2−
(aq) + 3 Sn2+
(aq) + 14 H3O+
(aq) → 2 Cr3+ (aq) + 3 Sn 4+ (aq) + 21 H2O (ℓ)
(asam)
10. Cl2 (g) + OH - (aq) àCl – (aq) + ClO3 –
(aq) (basa)