Welcome to My Blog - No Days Without Writing

Archive for 2012

FUN WITH CHEMISTRY
PERCOBAAN PENENTUAN ORDE REAKS
KLS 11 IPA - SMT 1


Asyiknya belajar kimia

JUDUL :  PENENTUAN ORDE REAKSI

Kompetensi Dasar: 
Menganalisis data percobaan untuk menentukan laju dan orde reaksi

Indikator: 
Menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan.

TUJUAN:  
Menentukan orde reaksi dari reaksi:   
Mg(s) + 2 CH3COOH (aq) --> Mg(CH3COO)2 (aq) + H2 (g)

DASAR TEORI:
Hukum laju reaksi dari suatu reaksi reaktan  
A --> Produk, dengan orde n dapat dinyatakan sebagai :
- dA = k.An
                                          dt
Dengan demikian laju reaksi sebanding dengan konsentrasi pangkat n.
Laju reaksi  (waktu reaksi )-1  (konsentrasi )n

Catatan :         
Waktu reaksi yang dimaksud di sini adalah waktu yang dibutuhkan supaya reaksi berjalan sampai tahap tertentu atau sampai selesai.

Jadi untuk reaksi orde 1 (n=1), alur kebalikan waktu terhadap konsentrasi menghasilkan garis lurus, sedangkan untuk reaksi orde 2, alur kebalikan waktu terhadap kuadrat dari konsentrasi yang merupakan garis lurus. Untuk menentukan orde reaksi dari reaksi :
Mg(s) + 2 CH3COOH (aq) --> Mg(CH3COO)2 (aq) + H2 (g)

Orde reaksi ditentukan dengan mengukur waktu pelarutan total dari sepotong pita Mg dengan panjang tertentu dalam larutan cuka yang konsentrasinya telah diketahui.  Jika jumlah cuka yang digunakan sangat berlebih, maka selama reaksi berjalan, konsentrasi cuka tidak berubah. Akibatnya, kecepatan pelarutan Mg untuk konsentrasi asam yang sama akan tetap.  Sebaliknya, jika konsentrasi cuka bervariasi, maka pelarutan Mg yang beratnya tetap akan bergantung pada konsentrasi asam yang digunakan.

METODOLOGI PERCOBAAN
ALAT DAN BAHAN
a.Labu erlenmeyer 250 mL (botol kaca bening bekas obat/selai)  (4 buah)
b. Gelas ukur 50 mL (1 buah)
c.Stop watch (timer HP)  (1 buah                                                           
d.Asam cuka botol 25% (1 botol)                       
e.Pita Mg (secukupnya)                                                                                        
f. Kertas amplas 5 x 5 cm                                                                                             
g. Kertas milimeter grafik (2 lbr)                                                    
h. gunting, tissue, lap, label

METODE
a.Gosok pita Mg dengan kertas amplas hingga mengkilat, kemudian potong menjadi 4 bagian (@ 1 cm)
 b. Masukkan CH3COOH botol 1 (25 ml) dalam labu erlenmeyer, kemudian masukan 1 pita Mg (1 cm) ke dalam gelas tersebut dan segera tekan stop watch sebagai tanda reaksi dimulai.
c. Goyangkan gelas sesekali supaya Mg tetap dalam keadaan bergerak.
d. Setelah seluruh Mg larut, hentikan stop watch dan catat waktu pelarutan Mg.
e. Ulangi tahap b-d untuk konsentrasi CH3COOH berikutnya.

TABEL DATA PENGAMATAN:  Buat tabel sbb:
No
Konsentrasi CH3COOH  (..) %
(CH3COOH)2
Waktu pelarutan Mg (..) det
Laju reaksi
Vreaksi ~ 1/detik
1
Botol 1= 25%



2
Botol 2= 12,5%



3
Botol 3=   6,25%



4
Botol 4= 31,125%




KESIMPULAN:  Tulis kesimpulan hasil percobaan Anda.

PERTANYAAN
1.Mengapa pita Mg harus digosok dulu dengan kertas amplas sebelum dipakai dalam percobaan ?
2.Bagaimana hubungan antara laju reaksi dengan konsentrasi asam? Jelaskan.
3. Buat grafik laju reaksi terhadap konsentrasi HCl (dengan kertas milimeter)
Buat grafik laju reaksi terhadap kuadrat konsentrasi HCl (Vreaksi  ~ [HCl]2(dengan kertas milimeter)
4. Tentukan orde reaksi:                       
a. Dari grafik (gunakan slope)
b. Dari reaksi

5.Jika massa jenis asam cuka (asam asetat) botol 25% adalah 1,0263 g/cm3 dan Mr asam cuka 60 g/mol.  Data massa jenis ini diambil dari internet yaitu data density asam asetat 20% maka hitunglah: 

a.Asam cuka 25% (b/b)        = ........M
Asam cuka 12,5% (b/b)     = ........M
Asam cuka   6,25% (b/b)   = ........M
Asam cuka 31,125% (b/b)             = ........M

b.Berapa ml dipipet dari cuka botol 25% untuk membuat larutan asam asetat 12,5% sebanyak 250 ml?
Berapa ml dipipet dari cuka botol 12,5% untuk membuat larutan asam asetat 6,25% sebanyak 250 ml?
Berapa ml dipipet dari cuka botol 62,5% untuk membuat larutan asam asetat 31,125 % sebanyak 250 ml?
FUN WITH CHEMISTRY
PERCOBAAN MATERI:  KALOR NETRALISASI
KELAS 11 IPA SMT 1

              Stirofoam sebagai kalorimeter sederhana        


Asyiknya belajar kimia


ENTALPI  NETRALISASI

TUJUAN:
Menghitung entalpi reaksi pelarutan dan entalpi netralisasi menggunakan kalorimeter sederhana.

DASAR TEORI:

Entalpi netralisasi adalah kalor yang dilepaskan ketika 1 mol air dibentuk dari asam dan basa:
NaOH(aq) + CH3COOH (aq)--> CH3COONa(aq)+ H2O(aq)                                                               ∆Hn =  -  x  kJ/mol

ALAT DAN BAHAN:
Termometer
Wadah stirofoam
Gelas ukur
Air suling
Larutan NaOH 1 M dan CH3COOH 1 M

CARA KERJA:
  1. Masukkan 50 ml CH3COOH 1 M ke dalam wadah stirofoam dan ukur suhunya, catat.
  2. Masukkan 50 ml NaOH 1 M ke dalam gelas ukur dan ukur suhu awalnya, catat.
  3. Campurkan NaOH ke dalam wadah stirofoam dan catat suhu campuran.
  4. Segera tutup wadah tsb lalu goyang-goyangkan dan ukur suhunya, catat. (termometer jangan diangkat tetapi tetap di dalam wadah stirofoam!!).

DATA HASIL PERCOBAAN

Suhu awal CH3COOH 1 M                                =……………………………. o C
Suhu awal NaOH 1 M                                        =……………………………. o C
Suhu awal rata-rata                                           =……………………………. o C
Suhu campuran                                                  =……………………………. o C
Massa jenis larutan dianggap sama dengan air dan c larutan = 4,2  J/g o C

PERTANYAAN

Reaksi netralisasi yang terjadi yaitu:
…………………………………………………………………………………………………………………………
Pada percobaan tsb nilai Δ H reaksi netralisasi dapat dihitung sbb:
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Pada percobaan tsb terjadi..............................suhu dari suhu.............o C menjadi............o C.  Jadi reaksi netralisasi di atas adalah jenis reaksi yg.............................kalor yaitu reaksi....................................

KESIMPULAN  

MISTERI WARNA
(bahan belajar kls 10 ipa-kimia kuantum)

                          sumber:  www.google.com

Siapa yang tak suka melihat kemilau dan indahnya perhiasan bertabur batu permata warna-warni nan mewah.  Batu safir, ruby, amethys, corundum, morganite, aquamarin, tourmalin, zamrud, dan intan.  Tahukah Anda bahwa batu permata yang luar biasa indah dan mahal ini dibentuk dari unsur-unsur kimia tertentu.  Mengapa batu permata berwarna-warni?
Untuk menjawab ini marilah kita mengingat apakah syarat agar kita mampu melihat warna sebuah benda?  Tentu adanya cahaya bukan?   Ketika cahaya tampak menimpa sebuah benda, sebagian cahaya diserap oleh benda tersebut pada panjang gelombang atau frekuensi tertentu sementara sisanya diteruskan.  Bagian yang tidak diserap mengenai mata kita sebagai cahaya putih.  Cahaya putih sebagai sinar tampak memiliki panjang gelombang antara 400-800 nm.  Warna yang ditampilkan adalah pada panjang gelombang atau frekuensi yang dipantulkan benda tersebut.  Warna yang dilihat mata kita adalah warna komplementer.  LIhatlah bagan berikut:


Batu permata yang disebut ruby memancarkan warna merah karena ruby menyerap warna komplementernya yaitu warna hijau dan semua warna  kecuali merah.  Benda yang sama dapat memancarkan warna-warni  yang berbeda.  Contohnya ruby dan safir walaupun memiliki komposisi kimia yang mirip namun keduanya memancarkan warna yang berbeda.  Perbedaan warna ini berdasarkan pada struktur atom batuan tersebut.  Impurities (pengotor) sengaja diberlakukan pada sebuah batu permata dengan cara mengganti jenis suatu unsur dengan jenis unsur lain.  Baik ruby dan safir disebut corundum. Safir dapat berwarna biru, pink, kuning hingga pink orange.  Safir yang disebut terakhir ini disebut Padparadscha sapphire. 
Batu permata beryl, dalam bentuk murninya tidak berwarna namun akan menjadi sebuah permata nan mahal yang disebut emerald jika ke dalamnya dikotori dengan chrom.  Jika mangan ditambahkan ke dalamnya maka beryl akan berwarna pink yaitu morganite. Sedangkan dengan besi menjadi aquamarine yang berwarna biru terang. Manipulasi impurities ke dalam batu permata akan mengubah warna permata sesuai keinginan kita.  Wow!






MISTERI AIR
(bahan belajar kls 10 ipa-gaya interaksi molekul)

MISTERI AIR
(Bahan ulangan kelas XI IPA)


sumber:  www.google.com

Air? Satu kata menyimpan sejuta rahasia.  Air itu vital! Tak satu pun makhluk hidup dapat melangsungkan kehidupannya di bumi tanpa air.  Bahkan setetes air pun akan mengundang tumbuhnya berjuta bakteri.  Tubuh kita terdiri dari 80% air.  Planet bumi pun mengandung 70% air.  Ada apa dengan air hingga begitu vital bagi kehidupan ditinjau secara kimiawi?

Bagaimanakah struktur air? Suatu pertanyaan yang dilontarkan oleh Richard Saykally dari University of CaliforniaBerkeley.  Molekul tunggal air terlihat seperti huruf V (bent) dengan satu atom oksigen di titik bawah dan dua atom hidrogen di atas.  Atom-atom ini saling berbagi elektron bermuatan negatif dan membentuk hubungan kuat yang disebut ikatan kovalen. Atom oksigen mendapat lebih banyak elektron yang membuatnya sedikit lebih negatif. Sementara ujung hidrogen menjadi sedikit positif. Pergeseran kecil ini bertanggung jawab menarik molekul air satu sama lain. Saykally menjelaskan, tiap molekul air memiliki kaki dan tangan. Tangannya merupakan atom hidrogen bermuatan positif, sedangkan kaki menjuntai dari sisi negatif oksigen. “Tangan tak bisa memegang tangan dan kaki tak bisa memegang kaki,” kata Saykally. Namun, tangan bisa memegang kaki dalam apa yang disebut ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen 10 kali lebih lemah dari ikatan kovalen namun ikatan ini merupakan kunci misteri air!  Ingat bahwa ikatan dalam molekul air sendiri adalah kovalen polar namun ikatan antar molekul air merupakan gaya interaksi molekul yang disebut ikatan hidrogen.  Sungguh luar biasa.

Fakta membuktikan bahwa bentuk padat air yaitu es mengapung bukan tenggelam dalam air.  Ternyata air juga mampu menyimpan panas dengan sangat baik. Tingginya tegangan permukaan air menunjukkan betapa molekul air ‘benci’ berpisah. Memahami keanehan air memerlukan studi merinci mengenai interaksi molekul. “Kami kira kami memahami segala sesuatu ada mengenai molekul tunggal air. Apa yang tak kami ketahui dengan baik adalah, cara air berinteraksi satu sama lain,” ujar Saykally.

Dalam es, tiap molekul memegang kaki dan tangan dari empat tetangga terdekatnya. Penempatan tetangga ini membentuk tetrahedron, atau piramida tiga-sisi. Saat es mencair, pertanyaan besarnya adalah, apa yang terjadi pada bentuk ini. Pada gambar tradisional, air terus terlihat seperti es dengan empat ikatan hidrogen di sekitar tiap molekul. Perbedaan dalam bentuk cair adalah, pada waktu tertentu, sekitar 10% ikatan hidrogen rusak. Itulah sebabnya es cenderung mengapung dalam air karena densitinya yang lebih kecil dibanding air sendiri.  Akibat gaya interaksi berupa ikatan hidrogen ini menyebabkan air memiliki struktur berongga sehingga volumenya membesar.  Jika demikian bagaimanakah titik didih air sendiri akibat adanya gaya ini? Coba diskusikan bersama teman Anda.

Pikirkan fakta berikut.  Tuhan Maha Adil.  Orang Eskimo penghuni kutub utara di Samudera Arktik di bumi ini gemar mengkonsumsi ikan sebagai makanan pokok.  Dilihat dari kondisi geografisnya, Kutub utara bumi ini bersuhu minus 43o C.  Hanya hewan kutub yang mampu hidup di daerah seperti ini.  Hampir sepanjang tahun salju turun menutupi daerah ini.  Dingin dan gelap.  Mengapa banyak ikan yang mampu hidup di daerah bersalju ini?

Air memiliki sifat yang unik dibandingkan dengan zat lain, umumnya benda lain memiliki masa jenis (ρ) yang besar dalam bentuk padat, tapi tidak dengan air.  Pada suhu 4 °C air memiliki masa jenis TERBESAR, pada bentuk cair. Bila suhu diturunkan masa jenisnya kembali mengecil,
Fenomena ini dikenal dengan sifat anomalie air!  Air akan mulai membeku jika molekulnya tidak memiliki lagi cukup energi untuk melepaskan diri dari ikatan atom hidrogen (H). Pada 0°C mulailah terbentuk ikatan-ikatan yang kuat, dimana setiap atom Oksigen (O) secara tetraedris dikelilingi oleh 4 atom Hidrogen (H).  Yang pada mulanya ikatan molekul air tidak erat, akhirnya menjadi suatu kristal yang bolong-bolong (cluster).  Akibatnya air dalam fase padat (es) ini mengambil bentuk volume yang besar. Pertambahan volumenya hingga mencapai 10 %, masa jenisnya juga berkurang 10% (menjadi lebih ringan).

Bagaimana perbedaan struktur air dan es?  Setiap molekul air terhubung ke 4 molekul yang lain melalui ikatan hidrogen. Setiap molekul es terhubung ke 4 molekul yang lain melalui ikatan hidrogen juga.  Struktur es memiliki tingkat kepadatan/masa jenis (density) yang lebih rendah.  Itulah kenapa es (padat) dapat mengapung pada permukaan air.  Karena siklus perputaran air yang dimotori oleh masa jenisnya, menyebabkan suhu di dalamnya tidak kurang dari 4°C akibatnya air di dasar laut tidak akan pernah membeku!.  Hal ini menyebabkan kenapa ikan masih dapat hidup dalam suhu air, walaupun permukaanya telah membeku. Di samping itu ikan juga melakukan adaptasi fisiolgis terhadap lingkungannya.  Tubuh ikan di daerah ini memiliki protein antibeku.  Protein ini mampu mencegah kristalisasi air. Molekul-molekul air akan bergerak secara teratur dan tidak membeku dengan adanya protein ini.
Alasan lainnya yaitu ikan ini memiliki glikoprotein pada dinding pembuluh darahnya yang memungkinkan untuk bertahan di pembekuan air es. Dengan demikian ikan ini memiliki laju metabolisme yang juga lambat, jantungnya berdetak setiap 6 detik sekali. Amazing GOD !
Selamat kepada para kontestan kelas 12 IPA SMA Xaverius 1 JAmbi yang telah menyelesaikan tugas drama akhir dengan baik.  Berikut adalah dokumentasi berupa foto-foto peserta. Excellent!

KEL. MICHELLE dkk

KEL. LIA SPARINGGA dkk

KEL.MARTIN dkk

KEL. FERRY dkk

KEL.  DAVID ANDI dkk

KEL. MARSHELLA dkk


KEL PRASETYO dkk

KEL CICILIA TJIA Dkk

Dan masih ada 2 kel lagi yang belum diupload...
LATIHAN SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH KIMIA 2012

UN sudah diambang pintu.  Sudah siapkan Anda menempuh UN?  Ayo giat berlatih.  Jaga kesehatan dan jangan lupa rajin berdoa.  Kamu pasti BISA!  Lulus UN dengan nilai yang maksimal.  Selamat berjuang! GBU.


1.  Perhatikan tabel sifat fisik senyawa berikut:                                          

Senyawa
Titik didih
Kelarutan dalam air
Daya hantar listrik
Dalam larutan
I
Tinggi
Mudah larut
Elektrolit kuat
II
Rendah
Tidak larut
Non elektrolit

Dari data tersebut, jenis ikatan yang terdapat dalam senyawa I dan II berturut-turut adalah…….
A.  ion dan kovalen polar
B.  ion dan kovalen non polar
C.  kovalen polar dan ion
D.  kovalen non polar dan hidrogen
E.  kovalen non polar dan ion

2. Unsur  9 Y berikatan dengan unsur 19 K membentuk suatu senyawa.  Rumus molekul
    dan jenis ikatan yang terbentuk secara berurutan………
 A. KY ionik
 B. KY  kovalen
 C. KY2 ionik
 D. K2Y ionik
 E. KY2 kovalen

Gunakan informasi berikut ini untuk menyelesaikan soal nomor nomor 3 dan 4.


↓↑
 

 

 

 

 

 
Diagram orbital 2 buah unsur sebagai berikut:

X [Ar ] 


↓↑
 

 

↓↑
 

↓↑
 
Y [Ne]


3.  Nomor atom dari unsur X adalah…..
      A.  6
B.  16
C.  17
D.  24
E.  25

4.  Letak unsur Y dalam tabel periodik terdapat pada golongan dan periode secara
     berurutan.....
      A.  VII A, 3
B.  VII A, 7
C.  V A, 3
D.  III A, 5
E.   III A, 7

5.  Balon Hidrogen dapat terbang di angkasa, karena diisi dengan gas Hidrogen yang kerapatannya (massa jenisnya) lebih kecil dari massa jenis udara.  Gas Hidrogen yang diisikan pada balon tersebut dapat diperoleh dari reaksi antara logam Aluminium dengan larutan asam sulfat encer, menghasilkan Aluminium sulfat dan gas Hidrogen.  Persamaan reasi setara yang mengambarkan proses produksi gas Hidrogen adalah……

A. Al (s) +H2SO4 (aq) → AlSO4 (aq) + H2 (g)
B. Al (s) +H2SO4 (aq) → Al2(SO4)3 (aq) + H2 (g)
C. 2 Al (s) + 3 H2SO4 (aq) → Al2(SO4)3 (aq) + 3 H2 (g)
D. 2Al (s) + 3 H2SO4 (aq) → Al3(SO4)2 (aq) +  3H2 (g)
E. 3 Al (s) +2 H2SO4 (aq) →Al3(SO4)2 (aq) + H2 (g)

6.      Belerang bersifat mudah terbakar dan menghasilkan gas belerang dioksida (SO2).  Gas ini dapat menyesakkan pernapasan dan menimbulkan gejala batuk.  Dalam jumlah besar, gas ini dapat merusak paru-paru bahkan menyebabkan kematian.
Di udara gas SO2 dapat teroksidasi menjadi belerang trioksida menurut reaksi:
2 SO2 (g) +  O2 (g) à 2 SO3 (g)
Jika sebanyak 10 liter gas sulfur dioksida yang teroksidasi maka volume gas belerang trioksida yang dihasilkan pada P,T yang sama adalah........... L
A. 1
B. 3
C. 5
D. 7
E. 10

7.      Dalam kehidupan sehari-hari, karbit sering digunakan untuk pengelasan logam karena gas yang dihasilkan dari reaksi karbit dengan air mempunyai sifat mudah terbakar, nyala terang dan berkalor tinggi.  Reaksi selengkapnya sebagai berikut:
CaC2 (g) +  2 H2O (l) à Ca(OH)2 (aq)  + C2H2 (g)

Nama IUPAC senyawa karbit pada reaksi tersebut adalah.............
  1. kalsium hidroksida
  2. kalsium dikarbida
  3. kalsium dikarbonar
  4. kalsium karbida
  5. kalsium oksida

8.  Dari beberapa sifat koloid berikut:
1. eletroforesis
2. efek Tyndall
3.  koagulasi
4.  adsorbsi, dan
5.  dialisis
Penggunaan tawas dalam mengendapkan lumpur koloid dan norit sebagai karbon aktif merupakan penerapan sifat koloid nomor….
  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 3 dan 4
  4. 3 dan 5
  5. 4 dan 5

9.  Perhatikan grafik diagram PT berikut:

             


  
Berdasarkan grafik bagian yang menunjukkan proses menguapnya suatu pelarut adalah………….
A.B-D
            B.C-E
            C.B-G
            D.C-F
      E. G` - F`

10. Berikut data hasil titrasi larutan HCl dengan larutan NaOH 0,1 M

Percobaan
Volume HCl yang dititrasi
Volume NaOH yang digunakan
1
20 ml
15 ml
2
20 ml
                         14 ml
3
20 ml
16 ml

Berdasarkan data tersebut, konsentrasi larutan HCl adalah……………
A.0,070 M
B. 0,075 M
C. 0,080 M
D. 0,133 M
E. 0,143 M

11. Perhatikan data percobaan berikut:

Larutan
I
II
III
IV
V
pH awal
4
5
7
8
10
Ditambah sedikit asam
2,50
3,90
4,50
7,80
5
Ditambah sedikit basa
6,60
6,10
10
8,10
12
Ditambah sedikit air
5,2
5,9
6,5
7,60
8,5

Dari data tersebut yang termasuk larutan penyangga adalah…….
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V

12. Natrium sianida NaCN dapat dibuat dengan mencampurkan 50 ml larutan NaOH 5 x 10 -3 M dengan 50 ml larutan asam sianida 5 x 10 -3 M.  Ka HCN = 5 x 10  -10.
Senyawa tersebut dalam air akan terhidrolisis dengan pH larutan….. (√5 = 2,2)
      A. 2 – log 1,5
B. 4 – log 2,2
C. 10 – log 5,0
D. 10 + log 2,2
E. 12 + log 1,5

13.  Perhatikan bagan berikut:


 Larutan yang memiliki tekanan uap jenuh paling besar adalah…..
  1. I
  2. II
  3. III
  4. IV
  5. V
 14.  Berikut ini data Ksp beberapa senyawa:
    1. Mg(OH)2 = 7,2 x 10  -11
    2. Mn(OH)2 = 1,6 x 10  -13
    3. Cu(OH)2 = 4,8 x 10  -20
    4. CA(OH)2 = 6,5 x 10  -6
    5. Zn(OH)2 = 3,0 x 10 -16
 Ke dalam 5 tabung reaksi masing-maaasing berisi 300 ml larutan yang mengandung ion Mg2+, Mn 2+, Cu 2+, Ca 2+, dan Zn 2+ dengan konsentrasi 2.10  -4 M dicampur dengan 300 ml larutan NaOH 2.10 -4 M.  Maka campuran yang berupa larutan (tidak menghasilkan endapan) adalah............

A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 5

15 Tiga jenis sampel air yang diambil dari sumber yang berbeda diuji dengan beberapa
     indikator dengan hasil sebagai berikut:

Indikator
  Trayek pH/perubahan
            warna
Sampel 1
Sampel 2
Phenolftalein
8,0 -10
Tidak berwarna - merah
Tidak berwarna
Tidak berwarna
Metil merah
4,2 – 6,3
Merah - kuning
Jingga
Kuning
Bromo Timol Biru (BTB)
6,0 – 7,6
Kuning - biru
Kuning
Biru
     
Harga pH untuk air sampel 1 dan 2 berturut-turut adalah………..
A.4 ≤ pH ≤ 6,0 dan pH  ≥ 8,0
B. pH ≥ 8,0 dan pH ≥ 7,6
C. 4,2 ≤ pH ≤ 6,0 dan 7,6 ≤ pH ≤ 8,3
D. pH ≤  6,3 dan 6,3 ≤ pH ≤  8,0
E. pH ≤ 8,0 dan 7,6 ≤ pH ≤ 8,0

16.  Perhatikan hasil pengujian daya hantar listrik beberapa larutan berikut ini:




Dari data tersebut, larutan yang termasuk elektrolit kuat dan non elektrolit secara berturut-turut adalah……..
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 5

17.Formalin yang digunakan untuk pengawet preparat biologi merupakan senyawa turunan alkana yang mengandung gugus fungsi……
A. – O -
B. –  OH
C. – C – H
       
        O
D. – C –
       
        O

E. – C – OH
       
        O
                 
18. Berikut ini adalah manfaat dari berbagai sumber bahan makanan untuk tubuh:
  1. sumber energi utama
  2. katalis pada metabolisme
  3. antibodi
  4. pembentuk membran sel; dan
  5. cadangan makanan utama
 Manfaat yang diberikan oleh protein adalah.........
  1. 1 dan 3
  2. 2 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 3 dan 5
  5. 4 dan 5

19. Berikut ini tabel beberapa jenis polimer dan monomer pembentuknya:

No
Polimer
Monomer
1
Polietilena
Etena
2
Protein
Asam amino
3
Karet alam
Isoprena
4
PVC
Vinil klorida
5
Amilum
Glukosa

Pasangan polimer yang terbentuk secara kondensasi adalah……
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 5

20.  Berikut ini beberapa kegunaan senyawa benzena:
    1. antioksidan pada minyak goreng dan mentega
    2. obat penyakit kulit
    3. desinfektan
    4. penghilang rasa sakit dan penurun panas dan
    5. bahan peledak

Kegunaan senyawa turunan benzena dari butil hidroksi toluene dan butil hidroksi anisol (BHA) adalah……….
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Cari Sesuatu Di Blog Ini

GAGAS KIMIA 3

GAGAS KIMIA 3
COMINg SOON

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019
GAGAS KIMIA HOTS: Kumpulan soal dan pembahasan 2019

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)
GAGAS KIMIA SERIES: NEW LAUNCHING 2018

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI DAN USAHA

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI  DAN USAHA
UNIV. of CARNEGIE MELLON USA

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:
BERNAS KIMIA HOTS NEW PUBLISHED: Kumpulan soal HOTS ver LDS (2018)

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT
Nice class: 2018 12 IPA 3; Selamat berlayar menjemput cita-cita Anda

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir
BERNAS KIMIA HOTS: KUMPULAN SOAL dan PEMBAHASAN

Meneliti itu seru: Mangrove untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru:  Mangrove untuk kesejahteraan
My Son: Jo & Joko: MEDALI PERUNGGU OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) Malang, Oktober 2017

Berparlemen untuk politik yang merakyat

Berparlemen untuk politik yang merakyat
My son Jo at PARLEMEN REMAJA Tkt Nasional, Jakarta, September 2017

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan
My son: Jo & Joko: JUARA 3 NASIONAL Penelitian Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta April 2017

NEW RELEASED: SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED:  SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI
SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA
KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)
NEW RELEASED: BEST PRACTICE for TEACHERS, HEADMASTERS, & SUPERVISORS (2017)

THE BEST CLASS

THE BEST CLASS
KELAS 11 IPA 1 TH AJARAN 2016-2017

BUKU HAMINJON KEMENYAN

BUKU HAMINJON KEMENYAN
Produk Literasi Sains berbasis Karakter (hub 085383403600)

BUKU BEST PRACTICE GURU

BUKU BEST PRACTICE GURU
Produk Literasi Guru 2016 (Hub 085383403600)

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa
Produk literasi 12 IPA SMA XAV 1 (Hub 085383403600)

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3
My dedication & creation

KEDUBES RI DI SEOUL

KEDUBES RI DI SEOUL
Benchmark education at Seoul, May 2015

SEOUL TECH HIGH SCHOOL

SEOUL TECH HIGH SCHOOL
Benchmark Education at Seoul, May 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY  2015
Sakai Technology High School Osaka

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015
With Sensei at Sumiyoshi High School Osaka

KEDUBES RI TOKYO MAY 2015

KEDUBES RI  TOKYO MAY 2015
Benchmark Education at Kedubes Tokyo

12 IPA 3-2014/2015

12 IPA 3-2014/2015
12 IPA 3-2014/2015

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI
Thanks my supervisor, Prof DR I Made S

NEVER GIVE UP TO TRY...

NEVER GIVE UP TO TRY...
THE RESEARCH IS BEING FINISHED

Thanks for all Chemists....

Thanks for all Chemists....
Miss you all... OSN GURU 2013 Bandung

Kel Vene: Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014

Kel Vene:  Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014
With students after chem experiment

Sometime with SCOTTISH

Sometime with SCOTTISH
The instrument that I like it...

TE PAPA MUSEUM in WELLY

TE PAPA MUSEUM in WELLY
Te Papa Museum Wellington

UNTUK APA BELAJAR???

UNTUK APA BELAJAR???
FILOSOFI BELAJAR

OSN 2014 di NTB - MONTELLA

OSN 2014 di NTB  - MONTELLA
OSN 2014 di NTB - Montella
X-Steel Pointer

NATIONAL BEST PRACTICE 2013

NATIONAL BEST PRACTICE 2013
BEST PAPER PRESENTER BEST PRACTICE TEACHER, PUNCAK BOGOR NOV 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013
MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA, BANDUNG SEPT 2013

HBA AWARD 2013

HBA AWARD 2013
Penghargaan Tertinggi Insan Pendidik dari Gubernur Jambi dalam HBA Award 2013 di ACC Ratu Hotel 11 Des 2013 - Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 Prop Jambi

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 ETF AWARD - TEACHERS 2011

CASSIAVERA KERINCI

CASSIAVERA KERINCI
Juara 1 Lomba Penulisan Buku Sains Tkt Nasional 2010

DEDICATION

DEDICATION
SPEAKER AT FMIPA UNPAR BANDUNG 2009

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 WRITING CONTEST for TEACHERS 2010 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
WINNER of TORAY 2009 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
SCHOLARSHIP TO AUCKLAND-NZ 2009

with Jambi GOVERNOR

with Jambi GOVERNOR
Juara 1 Guru Berprestasi 2008 Tkt Propinsi Jambi

OSN KIMIA BANDUNG 2013

OSN KIMIA BANDUNG 2013
JOY DERIL LU FINALIS

OSN KIMIA JAKARTA 2012

OSN KIMIA JAKARTA 2012
ALGERI GADESA: FINALIS

OSN KIMIA 2011

OSN KIMIA 2011
PRASETYO WILFANDI: SILVER MEDAL

OSN KIMIA 2010

OSN KIMIA 2010
DEVINA JONATHAN: BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2009

OSN KIMIA 2009
WELSEN & MARTA: SILVER & BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2008

OSN KIMIA 2008
LIANA AMANDA: BRONZE MEDAL

HPN EXHIBITION 2012

HPN  EXHIBITION 2012
Pameran buku Cassiavera Kerinci Primadona Dunia penulis Elizabeth T.S.Si,M.Pd di HPN 27 EXHIBITION Taman Rimba Jambi, 9-14 Feb 2012

12 IPA 2 tahun 2012

12 IPA 2 tahun 2012
12 IPA 2 (Maret 2012)

12 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TH 2010

12 IPA 1 TH 2010

- Copyright © 2017 Catatan Guru Kimia -- Powered by Blogger - -