Welcome to My Blog - No Days Without Writing
Minggu, 23 Agustus 2015



EKSPERIMEN SIFAT KOLIGATIF DENGAN MODIFIKASI


Dirancang oleh:
Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd
Guru Kimia di SMA Xaverius 1 JAMBI

Diupload tanggal 23 Agustus 2015.


Salam Kimia,

Kimia adalah bagian dari ilmu sains dasar yang mudah diterapkan dan dibuktikan konsep-konsepnya.  Setelah Anda mempelajari sifat koligatif larutan marilah kita buktikan bagaimana sifat koligatif larutan (dalam hal ini adalah titik beku larutan) dapat digunakan untuk menentukan kemurnian suatu zat yang ada di sekitar kita.  Pada praktikum kali ini digunakan urea.

Anda diajak untuk berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam hal ini Anda akan akan menganalisis, mensintesis (merancang percobaan), dan mengevaluasi hasil praktikum Anda dalam suatu kolaborasi kelompok sehingga soft skill Anda yaitu kemampuan kerjasama, berdiskusi, berpikir kritis, mengeluarkan ide, keterampilan berbicara (mempresentasikan hasil kerja), serta kemampuan menulis Anda akan dilatih.
Pada kali ini kelas 12 IPA 3 akan mendapatkan topik praktikum berikut:

EKSPERIMEN KIMIA KELAS 12 IPA 3, TAHUN AJARAN 2015-2016.

JUDUL: 
Sifat Koligatif:  Titik beku larutan urea dan Kemurnian Urea

TUJUAN:
Menentukan titik beku larutan urea dan Kemurnian Urea

PRINSIP (TEORI DASAR):
Larutan dibandingkan pelarut murninya (dalam hal ini adalah air) memiliki lebih banyak zat terlarut yang akan memengaruhi kekuatan gaya interaksi molekulnya terhadap perubahan wujud zat baik menguap, mendidih, maupun membeku.  Dengan demikian terjadi perubahan titik didih dan titik beku larutan tersebut dibandingkan titik didih atau titik beku pelarut murninya.  Titik beku larutan yang diuji dapat dibandingkan terhadap larutan murninya sehingga dapat ditentukan kemurnian suatu larutan tsb.

ALAT DAN BAHAN yang harus dibawa: (urea sudah tersedia di labor)
1.     Label
2.     Tissue dan serbet (lap)
3.     10 gelas plastik bekas air mineral
4.     Es batu 2 kg
5.     Garam dapur 1 bungkus besar
6.     Satu buah baskom plastik besar, diameter sekitar 20-30 cm
7.     5 Sendok teh
8.     AIR AQUA 1 botol kecil (330 ml)
9.     Kamera pada Hp
10.  Laptop connected internet (untuk mengirim data hasil praktikum segera setelah praktikum selesai).

METODE
Rancanglah cara kerja untuk melakukan eksperimen ini.  Yang akan Anda ukur adalah:
titik beku air dibandingkan titk beku larutan dari 3 jenis urea yang tersedia di atas meja praktikum Anda. 
(Garam dapur digunakan sebagai bahan yang membantu menjaga es batu tetap dingin)

Jadi rancang cara kerjanya (per kelompok) sehingga Anda bisa menentukan perbedaan titik beku air vs titik beku larutan Urea sekaligus menentukan kemurnian urea sesuai TUJUAN percobaan ini.

PERSIAPAN KELOMPOK:
Tulis cara kerja Anda dan kirim dengan menulis:  
12 IPA 3 – No. absen ketua kelompok
ke kolom komentar pada blog www.catatangurukimia.blogspot.com 
Paling lambat hari Selasa, 25 Agustus 2015 pukul 16.00 WIB untuk diberi saran dan masukan oleh guru.  Pada kolom chat box, Anda boleh bertanya kepada guru jika ada hal yang kurang jelas.

LAPORAN HASIL EKSPERIMEN
Setelah praktikum selesai, foto atau lakukan screen shot pada data hasil eksperimen terlebih dahulu, simpan dalam format JPG atau PNG dan kirim ke blog kimia www.catatangurukimia.blogspot.com pada kolom CHAT BOX pada Rabu 26 Agt 2015 (deadline pukul 10.00 WIB).
dengan format berikut:

Kelas 12 IPA 3. Tulis No Absen: ..........., ..........., ..........., .........., .............

No
Zat yang diuji
Waktu larutan mulai mengkristal (menit)
Titik beku
Larutan urea (oC)
T beku
(oC)
1
Air mineral



2
Urea kode A



3
Urea kode B



4
Urea kode C









Selanjutnya laporan lengkap ditulis pada file MS Word (per kelompok) dan dikirimkan ke email:


Deadline:  Kamis, 27 Agustus 2015 pukul 00.00 WIB.

Format laporan sbb:
ü  JUDUL EKSPERIMEN
ü  TUJUAN
ü  PRINSIP (TEORI DASAR)
ü  ALAT DAN BAHAN (SERTAKAN FOTO)
ü  METODE (SERTAKAN FOTO)
ü  HASIL PENGAMATAN (Datanya tulis berupa Tabel dan Grafik)
SERTAKAN FOTO SAAT LARUTAN UREA MULAI MENGKRISTAL)
ü  DISKUSI DAN PEMBAHASAN
            diskusikan hal berikut:
1.     Cari titik beku urea murni
2.   Komposisi zat-zat yang terdapat dalam dalam urea (lihat dari references)
3.     Mengapa urea larut dalam air
4.     Gaya interaksi molekul apa saja yang terdapat dalam urea.
5.     Bagaimana titik beku larutan urea dibandingkan titik beku air murni. Jelaskan mengapa berbeda.
6.     Bagaimana tingkat kemurnian urea yang Anda ukur titik bekunya.
7.     Bahas khusus pada data yang menurut Anda “ menarik” untuk didiskusikan.

ü  KESIMPULAN
(Tulis bagaimana hubungan titik beku larutan urea terhadap kemurnian urea)

ü  SARAN
(Jika ada, sarankan sesuatu terkait hasil percobaan Anda, metode, sesuai tujuan eksperimen)

ü  DAFTAR PUSTAKA
       (minimal 2 buah)

KETENTUAN PENULISAN:
Jenis huruf: TNR, ukuran 12 pt
Spasi: 1,5
Page layout: Portrait, Paper: A4.
Margin:
Atas: 3
Bawah: 3
Kanan: 3
Kiri: 4
Beri  no.halaman pada bagian tengah bawah.

Pengerja;an di luar ketentuan tidak akan diberi nilai. Mohon diperhatikan.
Terima kasih.

{ 17 komentar... read them below or Comment }

  1. XII IPA 3
    Agnes Cherine V (01)
    Andy (02)
    Celvin Sim (03)
    Christian F (04)
    Cynthia Monica (05)

    Cara kerja : 
    1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. 
    2. Masukkan air secukupnya ke gelas plastik.
    3. Beri label pada gelas plastik yang akan diisi larutan urea.
    4. Ambil beberapa sendok teh urea masukkan ke gelas plastik, tambahkan air secukupnya.
    5. Lakukan hal yang sama pada gelas II dan III seperti pada cara kerja no.3.
    6. Ukur suhu awal dengan termometer.
    7. Masukkan es batu yang telah dipecahkan ke dalam baskom, lalu tambahkan garam. 
    8. Letakkan semua gelas plastik ke dalam baskom berisi garam dan es batu.
    9. Perhatikan dan catat, kapan zat yang diuji mulai mengkristal (menit ke berapa), titik bekunya gunakan termometer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mencoba merancang percobaan Anda.
      Saran:
      1. Ukur terlebih dahulu suhu awal air murni (pelarut) pada saat mem beku. (lakukan sebelum Anda mengerjakan point 2).
      2. Ukur suhu es + garam sebagai cairan pendingin.

      Hapus
  2. XII IPA 3

    Nikolas Pasaribu (21)
    Prajna Vimala Ningrum (22)
    Steven (23)
    Valencia (24)
    Venny Adella (25)

    Cara Kerja:
    1.Menyediakan alat dan bahan yang diperlukan.
    2. Memasukan air mineral kedalam wadah gelas plastik sejumlah x ml
    3. Menakar 1 sdt urea mrek A, B, C. Kemudian memasukan ke dalam wadah gelas plastik yang berbeda dan tambahkan air sejumlah x ml. ( takaran air dan urea sama untuk setiap gelasnya)
    4. Memberi label sebagai penanda larutan.
    5. Memasukan es batu kedalam baskom dan menambahkan garam sebagai larutan pendingin
    6. Meletakan gelas plastik yang berisi larutan urea kedalam baskom.
    7. Memasukan termometer kedalamnya bersamaan ketika gelas di masukan ke dalam baskom berisikan es batu.
    8. Mengatur stopwatch
    9. Memerhatikan waktu dan suhu pada saat proses pembekuan berlangsung
    10. Bila larutan tidak juga membeku (dalam waktu yang terlalu lama +- 15-20 menit) berikan tambahan air pada setiap larutan dengan takaran yang sama (1 sdm)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon menulis dengan nama Anda ya ....

      Hapus
    2. Terima kasih sudah mencoba merancang percobaan Anda.
      Saran:
      1. Ukur terlebih dahulu suhu awal air murni (pelarut) pada saat mem beku. (lakukan pada point 2).
      2. Ukur suhu es + garam sebagai cairan pendingin.

      Selamat bekerja

      Hapus
    3. Venny Adella XII IPA 3
      Maaf bu, sebelumnya saya sudah mencoba menggunakan
      "Komentar Sebagai" dengan pilihan "Nama/URL", tapi postingan komentar tidak mau terpost terus (baik menggunakan Handphone ataupun komputer), jadi saya menggunakan ID blog dari sepupu saya untuk mengirim komentar ini.
      Terimakasih untuk sarannya :)

      Hapus
  3. XII IPA 3
    Vien Audrey The (26)
    Vionie Laorensa (27)
    Widyana Stefanie (28)
    Wilsen Hartanto Lim (29)
    Winston Wiwa Soetijoso (30)
    Yusuf Sidharta (31)

    Cara Kerja:
    1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
    2. Beri label kepada semua gelas plastik sebagai penanda.
    3. Masukkan air mineral ke dalam gelas pertama.
    4. Masukkan satu sendok teh urea kode A ke dalam gelas kedua.
    5. Masukkan satu sendok teh urea kode B ke dalam gelas ketiga.
    6. Masukkan satu sendok teh urea kode C ke dalam gelas keempat.
    7. Campurkan beberapa sendok teh air sebagai pelarut ke gelas berisi urea sehingga volume larutan sama untuk semua gelas.
    8. Ukur temperatur mula-mula tiap larutan dengan termometer dan catat semua temperatur tersebut. Biarkan termometer berada di dalam gelas.
    9. Masukkan es batu yang telah dipecah ke dalam baskom dan taburi dengan garam sehingga es tidak akan mudah mencair.
    10. Letakkan seluruh gelas yang berisi larutan ke dalam baskom.
    11. Perhatikan saat dimana larutan dalam tiap-tiap gelas akan mulai membeku. Catat tiap-tiap temperatur dimana setiap larutan tersebut membeku dan waktu-waktu pembekuan tiap larutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mencoba merancang percobaan Anda.
      Bagus !
      Saran:
      1. Ukur terlebih dahulu suhu awal air murni (pelarut) pada saat mem beku. (saat Anda kerjakan point 3).
      2. Ukur suhu es + garam sebagai cairan pendingin.

      Terima kasih.

      Hapus
  4. XII IPA 3
    Edeline Tandri
    Dheo Febri Valentino
    Derry Kolim
    Edwen Huanggara
    Fernando

    Cara Kerja:
    1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
    2. Masukkan 3 jenis urea yang berbeda ke masing-masing gelas plastik menggunakan sendok teh dengan takaran yang sama. Lalu beri air sebagai pelarut ke masing-masing gelas plastik dengan takaran yang sama juga.
    3. Masukkan air mineral ke dalam gelas plastik dengan volume yang sama seperti ke 3 larutan urea.
    4. Beri label pada masing-masing gelas sebagai penanda.
    5. Ukur suhu mula-mula pada tiap larutan dengan termometer lalu catat semua suhunya.
    6. Masukkan es batu ke dalam baskom lalu taburi garam agar es batu tidak mudah mencair.
    7. Siapkan stopwatch kemudian masukkan gelas-gelas plastik berisi larutan ke dalam baskom.
    8. Perhatikan dan catat waktu dan suhu pada saat proses pembekuan terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mencoba merancang percobaan Anda.
      Saran:
      1. Ukur terlebih dahulu suhu awal air murni (pelarut) pada saat mem beku. (lakukan sebelum Anda mengerjakan point 2).
      2. Ukur suhu es + garam sebagai cairan pendingin.

      Selamat bekerja.

      Hapus
  5. XII IPA 3 -16

    Jennifer(16)
    Jessica (17)
    Kevin Fausta (18)
    Monica Christine(19)
    Nathanael (20)

    cara kerja:
    1. Siapkan gelas aqua (10) , Urea A,B,C , air aqua , sendok teh (5).
    2. Pada gelas pertama diisi dengan 1 sdt air aqua.
    3. Pada gelas kedua diisi dengan 1 sdt urea A + 1 sdt air aqua.
    4. Pada gelas ketiga diisi dengan 1 sdt urea B + 1 sdt air aqua.
    5. Pada gelas keempat diisi dengan 1 sdt urea C + 1 sdt air aqua.
    6. Berikan label pada masing-masing gelas sesuai dengan isi agar tidak tertukar.
    7. Siapkan baskom , garam kasar, es batu , termometer, stop watch , kamera hp serta serbet.
    8. Es batu dimasukkan dalam baskom dan ditambahkan garam kasar agar es batu tetap membeku atau tetap dingin.
    9. Masukkan gelas pertama , kedua , ketiga , keempat ke dalam baskom yang berisi es batu tadi.
    10. Hitung waktu pengkristalan dengan menggunakan stopwatch dan titik bekunya dengan menggunakan termometer.
    11. Kemudian difoto utnuk didokumentasikan.
    12. Setelah selesai melakukan praktek , meja lab dibersihkan dengan menggunakan serbet hingga bersih sebagaimana awal sebelum memulai praktek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, rancangan Anda prosedural.

      Selamat bekerja

      Hapus
  6. Indah
    XII IPA 3

    Handrian (11)
    I Made Arya Dwipa (12)
    Indah Wulan Utama (13)
    Ivan Gerarldo Situmorang (14)
    Ivone Jocelin (15)

    Cara Kerja :
    1. Mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk praktek.
    2. Mempersiapkan gelas plastik untuk urea dan air mineral .
    3. Memberi label pada gelas plastik untuk urea jenis A, B, C dan untuk air mineral.
    4. Memasukkan air mineral ke dalam gelas plastik yang berlabel air mineral sebanyak yang diperlukan.
    5. Ambil beberapa sdt urea dan masukkan ke dalam wadah gelas plastik A, B, C lalu tambahkan air sebanyak yang diperlukan.
    6. Ukurlah suhu awal dengan menggunakan termometer dan catatlah.
    7. Mengambil baskom yang telah dimasukkan es yang telah dipecahkan dan telah ditambahkan garam sebagai pendingin.
    8. Meletakkan semua gelas plastik ke dalam baskom.
    9. Mengatur stopwatch untuk melihat kapan larutan mulai mengkristal.
    10. Setelah larutan mulai mengkristal ukurlah titik beku menggunakan termometer.
    11. Lalu catatlah semua hasil praktek ( waktu mulai membeku, titik beku larutan).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mencoba merancang percobaan Anda.
      Saran:
      1. Ukur terlebih dahulu suhu awal air murni (pelarut) pada saat mem beku. (lakukan sebelum Anda mengerjakan point 4).
      2. Ukur suhu es + garam sebagai cairan pendingin.
      3. Masukkan termometer ke dalam cairan yang akan diukur sejak awal cairan mulai dibekukan.

      Terima kasih.

      Hapus
  7. Pada waktu 09.58 chat box tidak muncul,,absen 11-15 12 ipa 3
    Air mineral titik beku 0 C pada waktu 11 menit penurunan titik beku 30 C
    Urea kode a titik beku -5C pada waktu 3 menit 20 detik penurunan titik beku 35c
    Urea kode b titik beku -2c pada waktu 1 menit 53 detik penurunan titik beku 32c
    Urea kode c titik beku -3c pada waktu 1 menit 41 detik penurunan titik beku 33c
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik.
      Lain kali antisipasi dengan second problem solving ya.
      Untuk penurunan titik beku (check kembali) benarkah di angka di atas 30???
      Terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih Bu.
      Lain kali kami akan mengantisipasinya agar tidak terjadi lagi.
      Dan untuk penurunan titik beku kami telah menghitungnya kembali dan tidak di atas 30 terima kasih.

      Hapus

Cari Sesuatu Di Blog Ini

GAGAS KIMIA 3

GAGAS KIMIA 3
COMINg SOON

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019

NEW LAUNCHING FEBRUARI: GAGAS KIMIA HOTS 2019
GAGAS KIMIA HOTS: Kumpulan soal dan pembahasan 2019

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)

MY DEDICATION: new published GAGAS KIMIA 2 (2018)
GAGAS KIMIA SERIES: NEW LAUNCHING 2018

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI DAN USAHA

MASA DEPAN ADALAH PERCAYA PADA MIMPI  DAN USAHA
UNIV. of CARNEGIE MELLON USA

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:

BELAJAR ADALAH PERUBAHAN MINDSET:
BERNAS KIMIA HOTS NEW PUBLISHED: Kumpulan soal HOTS ver LDS (2018)

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT

12 IPA 3 TH 2018 - BELAJARLAH SEPANJANG HAYAT
Nice class: 2018 12 IPA 3; Selamat berlayar menjemput cita-cita Anda

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir

Manusia perlu belajar bagaimana berpikir
BERNAS KIMIA HOTS: KUMPULAN SOAL dan PEMBAHASAN

Meneliti itu seru: Mangrove untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru:  Mangrove untuk kesejahteraan
My Son: Jo & Joko: MEDALI PERUNGGU OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) Malang, Oktober 2017

Berparlemen untuk politik yang merakyat

Berparlemen untuk politik yang merakyat
My son Jo at PARLEMEN REMAJA Tkt Nasional, Jakarta, September 2017

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan

Meneliti itu seru: Sungai Batanghari untuk kesejahteraan
My son: Jo & Joko: JUARA 3 NASIONAL Penelitian Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta April 2017

NEW RELEASED: SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED:  SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI
SEJUTA RAHASIA CASSIAVERA KERINCI

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: KELAS KIMIA PUNYA CERITA
KELAS KIMIA PUNYA CERITA

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)

NEW RELEASED: BEST PRACTICE (2017)
NEW RELEASED: BEST PRACTICE for TEACHERS, HEADMASTERS, & SUPERVISORS (2017)

THE BEST CLASS

THE BEST CLASS
KELAS 11 IPA 1 TH AJARAN 2016-2017

BUKU HAMINJON KEMENYAN

BUKU HAMINJON KEMENYAN
Produk Literasi Sains berbasis Karakter (hub 085383403600)

BUKU BEST PRACTICE GURU

BUKU BEST PRACTICE GURU
Produk Literasi Guru 2016 (Hub 085383403600)

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa

105 UNSUR KIMIA dalam Rangkaian Kata Meniti Asa
Produk literasi 12 IPA SMA XAV 1 (Hub 085383403600)

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3

BERNAS KIMIA jilid 1,2,3
My dedication & creation

KEDUBES RI DI SEOUL

KEDUBES RI DI SEOUL
Benchmark education at Seoul, May 2015

SEOUL TECH HIGH SCHOOL

SEOUL TECH HIGH SCHOOL
Benchmark Education at Seoul, May 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY  2015
Sakai Technology High School Osaka

OSAKA JAPAN MAY 2015

OSAKA JAPAN MAY 2015
With Sensei at Sumiyoshi High School Osaka

KEDUBES RI TOKYO MAY 2015

KEDUBES RI  TOKYO MAY 2015
Benchmark Education at Kedubes Tokyo

12 IPA 3-2014/2015

12 IPA 3-2014/2015
12 IPA 3-2014/2015

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI

Think out of the box - Tasikmalaya Agustus 2015 - LIPI
Thanks my supervisor, Prof DR I Made S

NEVER GIVE UP TO TRY...

NEVER GIVE UP TO TRY...
THE RESEARCH IS BEING FINISHED

Thanks for all Chemists....

Thanks for all Chemists....
Miss you all... OSN GURU 2013 Bandung

Kel Vene: Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014

Kel Vene:  Praktikum KImia 12 IPA 3 TH 2014
With students after chem experiment

Sometime with SCOTTISH

Sometime with SCOTTISH
The instrument that I like it...

TE PAPA MUSEUM in WELLY

TE PAPA MUSEUM in WELLY
Te Papa Museum Wellington

UNTUK APA BELAJAR???

UNTUK APA BELAJAR???
FILOSOFI BELAJAR

OSN 2014 di NTB - MONTELLA

OSN 2014 di NTB  - MONTELLA
OSN 2014 di NTB - Montella
X-Steel Pointer

NATIONAL BEST PRACTICE 2013

NATIONAL BEST PRACTICE 2013
BEST PAPER PRESENTER BEST PRACTICE TEACHER, PUNCAK BOGOR NOV 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013

MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA 2013
MEDALI PERAK OSN GURU KIMIA, BANDUNG SEPT 2013

HBA AWARD 2013

HBA AWARD 2013
Penghargaan Tertinggi Insan Pendidik dari Gubernur Jambi dalam HBA Award 2013 di ACC Ratu Hotel 11 Des 2013 - Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 Prop Jambi

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 ETF AWARD - TEACHERS 2011

CASSIAVERA KERINCI

CASSIAVERA KERINCI
Juara 1 Lomba Penulisan Buku Sains Tkt Nasional 2010

DEDICATION

DEDICATION
SPEAKER AT FMIPA UNPAR BANDUNG 2009

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
JUARA 1 WRITING CONTEST for TEACHERS 2010 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
WINNER of TORAY 2009 Tkt Nasional

DARE TO DREAM BIG !

DARE TO DREAM BIG !
SCHOLARSHIP TO AUCKLAND-NZ 2009

with Jambi GOVERNOR

with Jambi GOVERNOR
Juara 1 Guru Berprestasi 2008 Tkt Propinsi Jambi

OSN KIMIA BANDUNG 2013

OSN KIMIA BANDUNG 2013
JOY DERIL LU FINALIS

OSN KIMIA JAKARTA 2012

OSN KIMIA JAKARTA 2012
ALGERI GADESA: FINALIS

OSN KIMIA 2011

OSN KIMIA 2011
PRASETYO WILFANDI: SILVER MEDAL

OSN KIMIA 2010

OSN KIMIA 2010
DEVINA JONATHAN: BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2009

OSN KIMIA 2009
WELSEN & MARTA: SILVER & BRONZE MEDAL

OSN KIMIA 2008

OSN KIMIA 2008
LIANA AMANDA: BRONZE MEDAL

HPN EXHIBITION 2012

HPN  EXHIBITION 2012
Pameran buku Cassiavera Kerinci Primadona Dunia penulis Elizabeth T.S.Si,M.Pd di HPN 27 EXHIBITION Taman Rimba Jambi, 9-14 Feb 2012

12 IPA 2 tahun 2012

12 IPA 2 tahun 2012
12 IPA 2 (Maret 2012)

12 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

11 IPA 1 TAHUN 2011

12 IPA 1 TH 2010

12 IPA 1 TH 2010

- Copyright © 2017 Catatan Guru Kimia -- Powered by Blogger - -